Syariah

11 Persiapan Umroh yang Mesti Calon Jemaah Perhatikan

Admin BFI
30 September 2024
757
11 Persiapan Umroh yang Mesti Calon Jemaah Perhatikan

Persiapan umroh menjadi salah satu hal yang mesti Anda perhatikan, terutama jika baru pertama kali menunaikannya. Tujuannya supaya ibadah umroh berjalan dengan lancar, tanpa ada kendala apapun.

 

Sekilas info, umroh sering disebut sebagai haji kecil yang pelaksanaannya hampir sama dengan haji. Pelaksanaannya berada di tanah suci Makkah, dimulai dengan tawaf dan diakhiri dengan tahalul. Adapun hukum melaksanakan ibadah umroh adalah sunnah dan bisa dilakukan kapan saja. Tetapi, ibadah umroh makruh dilakukan pada hari Arafah, tiga hari Tasyriq dan Idul Adha.

 

Supaya Anda bisa beribadah dengan lancar, pastikan untuk mempersiapkan hal-hal apa saja yang mesti dibawa dan perhatikan, yuk cek selengkapnya di bawah ini.

 

 

 

1.  11 Persiapan Umroh yang Perlu Diperhatikan:

Ada beberapa persiapan umroh yang mesti calon jemaah perhatikan, yaitu:

 

1.1 Pilih Travel Umroh Berizin Kemenag

Saat ini, ada banyak sekali jasa travel umroh yang membantu para calon jemaah untuk berangkat umroh ke tanah suci Mekkah. Namun, pastikan Anda tidak memilih travel umroh sembarangan, ya.

 

Pilihlah travel umroh yang sudah mengantongi izin resmi dari Kemenag. Tujuannya untuk menghindari risiko penipuan maupun masalah lain yang menyebabkan keberangkatan menjadi tertunda.

 

Supaya terhindar dari travel umroh abal-abal, sebelum memutuskan memilihnya, silakan cek dulu izin travel umroh tersebut melalui website resmi Kemenag maupun aplikasi SIMPU. Kalau sudah terdaftar dan memiliki izin resmi, maka Anda bisa segera memilih travel umroh yang Anda inginkan dan mulai daftar untuk berangkat umroh.

 

1.2 Bandingkan Harga dan Layanan Travel Umroh

Selain mengecek izin resmi dari Kemenag, Anda pun harus membandingkan harga dan layanan dari setiap travel umroh yang ditemukan. Pilih travel umroh yang memiliki harga serta layanan sesuai dengan ketentuan dari Kemenag.

 

Adapun layanan dari travel umroh resmi sesuai dengan aturan Kemenag, yaitu mencakup akomodasi, transportasi, visa, konsumsi, serta tambahan memilih paket wisata.

 

Kalau Anda menemukan agen travel umroh yang sesuai dengan aturan dan ketentuan kemenag, baik dari segi harga dan layanan serta sudah mengantongi izin resmi, maka bisa segera melanjutkan pendaftaran dan ikuti instruksi dari pihak travel tersebut.

 

1.3 Siapkan Paspor dan Visa Umroh

Jika sudah menemukan agen travel umroh terpercaya, selanjutnya Anda perlu mempersiapkan paspor dan visa umroh. Buat yang baru pertama kali, pastikan pembuatan visa menjadi prioritas, ya.

 

Biasanya, proses penerbitan visa umroh akan diurus oleh pihak travel maupun secara mandiri. Supaya tidak ada masalah saat berangkat, cek dan pastikan visa sesuai dengan ketentuan berlaku.

 

Perlu Anda tahu bahwa visa umroh diterbitkan oleh Kedutaan Besar atau Konsulat Jenderal Arab Saudi secara resmi yang ada di Indonesia.

 

1.4 Jaga Kesehatan

Ibadah umroh membutuhkan stamina serta kesehatan fisik yang prima. Jadi, sebelum menunaikan ibadah suci ini, pastikan Anda selalu menjaga kesehatan tubuh, ya.

 

Kesehatan tubuh ini dapat Anda jaga mulai dari mengonsumsi makanan sehat nan bergizi. Selain itu, lakukan olahraga secara rutin dan teratur serta melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum berangkat umroh.

 

Untuk olahraga, Anda tak perlu melakukan gerakan-gerakan olahraga yang berat. Cukup lakukan olahraga ringan, seperti bersepeda, jalan kaki santai hingga senam selama 30 menit setiap hari. Sebaiknya, lakukan olahraga ini mulai dari H-30 tanggal keberangkatan untuk mempersiapkan tubuh agar tetap bugar dan sehat.

 

1.3 Lakukan Vaksinasi

Sebenarnya, para jemaah umroh tidak diwajibkan untuk melaksanakan vaksinasi meningtis karena Kerajaan Arab Saudi melalui Kedutaan Besar Saudia Arabia (KBSA) telah merilis edaran terkait vaksinasi pada 8 November 2022. Isinya menyatakan bahwa vaksinasi meningtis hanya diwajibkan untuk jemaah yang datang ke Arab Saudi dengan visa haji.

 

Sehingga, Kementerian Kesehatan RI turut mengeluarkan SE No HK.02.02/C.I/9325/2022 terkait Pelaksanaan Vaksinasi Meningtis bagi jamaah Haji dan Umroh pada tanggal 11 November 2022. Isi surat edaran ini menyatakan bahwa vaksinasi meningtis tak lagi menjadi prasyarat bagi jamaah yang akan berangkat umroh ke Arab Saudi.

 

Baca Juga: Panduan Lengkap Haji: 6 Rukun Haji , Syarat, Biaya, dan Keutamaannya dalam Islam

 

Meski begitu, tak ada larangan bagi Anda yang ingin tetap melakukan vaksinasi meningtis untuk upaya perlindungan kesehatan.

 

1.6 Bawa Perlengkapan Umroh

Persiapan umroh yang mesti diperhatikan selanjutnya adalah membawa perlengkapan umroh secara lengkap. Mulai dari baju ihram, pakaian sehari-hari yang nyaman, kaos kaki, pakaian dalam sopan, alat mandi, skincare, kacamata hitam, masker, sandal, Al-Qur’an, obat-obatan hingga peralatan ibadah. Khusus untuk perempuan, pastikan membawa pembalut untuk mengantisipasi datang bulan.

 

Bawalah dua koper dan satu tas kecil yang bisa dibawa kemana-mana untuk menyimpan seluruh perlengkapan umroh tersebut.

 

Pertama, Anda dapat menggunakan koper kabin untuk menyimpan satu set baju bersih, perlengkapan salat dan sepasang kaos kaki, sandal jepit, obat-obatan pribadi serta kacamata hitam.

 

Lalu untuk koper besar berisi mukena dan bergo 3 buah (untuk wanita), baju ihram (warna putih) untuk wanita minimal 2 pasang, kain irham 1 set untuk laki-laki, pakaian panjang 5 pasang, kaos kaki 7 pasang, keperluan pribadi serta peralatan mandi.

 

1.7 Memperdalam Ilmu Agama

Ibadah umroh mesti Anda lakukan dengan khusyuk supaya bisa mendapatkan hikmah yang bermanfaat. Sebelum berangkat, pastikan untuk fokus memperdalam ilmu agama, terutama ilmu-ilmu yang akan digunakan saat sedang umroh.

 

Misalnya, mempelajari dan mengingat ketentuan saat sedang melakukan tawaf sebanyak 7 kali, memahami cara melakukan sa’i antara Shafa dan Marwah hingga menghafal atau memperdalam bacaan-bacaan doa saat sedang ibadah umroh.

 

Jika Anda tidak mampu menghafalnya, pastikan untuk selalu membawa buku doa dan Al-Qur’an di dalam tas kecil yang dapat dibawa kemana saja. Sehingga, Anda dapat membukanya dengan mudah dan membacanya saat diperlukan.

 

1.8 Pelajari dan Hormati Budaya Arab

Dikarenakan Anda akan berkunjung ke kota Makkah untuk beribadah, pastikan untuk mempelajari aturan dan menghormati budaya masyarakat Arab Saudi.

 

Secara umum, masyarakat Arab memegang teguh nilai-nilai agama Islam yang tercermin dalam kehidupan sehari-harinya, mulai dari cara berpakaian hingga profesi yang mereka emban.

 

Para jemaah umroh yang akan masuk ke wilayah Arab Saudi harus menghormati dan menaati aturan yang telah ditetapkan pemerintahnya. Aturan-aturan ini dapat Anda pelajari melalui Piagam Kesopanan Umum (Public Decorum Charter).

 

Dalam aturan itu, tertulis bahwa seluruh orang yang memasuki daerah Arab Saudi harus berpakaian sopan. Khusus untuk para perempuan, Anda wajib mengenakan pakaian yang menutupi area bahu dan lutut saat berada di area publik.

 

Kemudian, laki-laki dan perempuan dilarang bermesraan, berkata kasar maupun menunjukkan gestur tidak sopan. Anda juga tak boleh membeli, meminum atau membawa minuman beralkohol.

 

Kalau terbukti melanggar aturan kesopanan, maka akan dikenakan sanksi berupa denda mulai dari SAR50 sampai SAR6.000 atau sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 24 juta tergantung pada jenis pelanggarannya.

 

1.9 Pelajari Tata Cara Umroh

Supaya persiapan umroh lebih matang, Anda harus mempelajari tata cara umroh yang akan dilakukan nanti. Tentunya, mengetahui tata cara umroh dengan baik akan membuat ibadah Anda lebih lancar sesuai dengan ketentuan berlaku.

 

Tata cara umroh dapat Anda pelajari dengan mudah melalui buku, internet, video YouTube maupun kursus umroh. Dengan begitu, Anda bisa beribadah dengan fokus dan nyaman.

 

Selain itu, Anda juga harus mengetahui beberapa larangan saat sedang melaksanakan ibadah umroh, yaitu melakukan maksiat dan perbuatan tercela lainnya, memotong kuku atau mencabut rambut, membunuh binatang buruan serta melaksanakan akad nikah.

 

Apabila Anda melanggar aturan tersebut, maka akan dikenakan denda atau dam serta membayar sejumlah uang.

 

1.10 Persiapan Biaya

Persiapan biaya menjadi salah satu hal penting yang mesti Anda perhatikan juga. Pastikan Anda menyiapkan dana yang cukup untuk biaya umroh serta kebutuhan selama berada di tanah suci. Mulai dari dana untuk membeli oleh-oleh, sedekah hingga biaya telekomunikasi agar tetap bisa terhubung dengan keluarga di rumah.

 

Kementerian Agama RI menetapkan standar biaya umroh mulai dari Rp 24 juta sampai Rp 28 juta per orang tergantung jenis paketnya. Biaya tersebut sudah termasuk biaya transportasi, akomodasi, bimbingan ibadah, konsumsi, visa hingga perlengkapan umroh.

 

Baca Juga: 10 Tips Memilih Travel Umroh yang Perlu Anda Ketahui

 

1.11 Fokus Pada Ibadah

persiapan umroh

Image Source: Freepik

 

Saat akan melaksanakan umroh, pastikan Anda sudah berniat hanya untuk fokus pada ibadah saja. Hindari melakukan umroh karena ingin pamer di media sosial atau hal lainnya. Tetapkan hati Anda bahwa Anda melaksanakan ibadah umroh semata-mata karena kewajiban serta taat kepada Allah SWT.

 

Oleh karena itu, supaya ibadah umroh lebih fokus, pemilihan travel umroh dan persiapan barang-barang yang mesti Anda bawa harus diperhatikan dengan cermat.

 

2. 10 Persiapan Umroh yang Perlu Dibawa

Setelah mengetahui persiapan umroh yang mesti Anda perhatikan, selanjutnya ada beberapa persiapan yang mesti Anda bawa, yaitu:

 

2.1 Dokumen Administrasi

Dokumen administrasi perlu Anda bawa supaya bisa melewati proses pemeriksaan oleh tim imigrasi bandara. Isi dokumen ini meliputi KTP, paspor, visa umroh, catatan vaksinasi, buku nikah, uang, buku tabungan pembayaran, tanda terima pemesanan hotel serta tiket pesawat.

 

Pastikan semua dokumen yang Anda bawa masih aktif sesuai ketentuan berlaku. Sehingga, tak ada halangan atau masalah ketika proses keberangkatan maupun saat berada di tanah suci.

 

2.2 Pakaian Irham

Para jemaah laki-laki harus membawa pakaian irham sesuai dengan ketentuan berlaku, yaitu berupa kain tanpa jahitan. Pastikan Anda membawa pakaian irham minimal 1 set.

Selain irham, bawa juga baju ganti yang nyaman dan sopan untuk digunakan saat Anda melepas irham. Bawa pula tas kecil yang dapat dilingkarkan pada pinggang supaya lebih ringkas dan simpel.

 

Sementara untuk perempuan, bawalah baju irham berwarna putih minimal 2 pasang supaya dapat digunakan secara bergantian.

 

2.3 Pakaian Sehari-hari

Selain membawa pakaian irham, Anda juga mesti membawa pakaian sehari-hari untuk digunakan saat sedang tidak beribadah umroh.

 

Beberapa pakaian yang dapat Anda bawa, yaitu baju gamis atau baju panjang sebanyak 2-5 pasang, pakaian tidur panjang 2 buah, celana dalam 10 buah atau gunakan celana dalam disposable serta bra sebanyak 3-5 buah (untuk wanita).

 

Selain itu, bawa juga mukena untuk menjalankan ibadah bagi wanita serta sarung untuk para lelaki. Para jemaah wanita juga harus membawa hijab yang dapat menutup dada untuk digunakan saat berjalan-jalan di kawasan Mekkah.

 

2.4 Obat-obatan Pribadi

Terkadang, banyak yang menyepelekan dan tidak membawa obat-obatan pribadi saat akan berangkat umroh. Padahal, obat-obatan ini penting karena tidak ada yang tahu bagaimana kondisi kesehatan saat berada di sana.

 

Untuk berjaga-jaga, sebaiknya Anda membawa obat-obatan pribadi paling umum, seperti pereda pusing, obat demam, perban, obat flu, plester, pereda nyeri, anti alergi, minyak kayu putih dan lainnya.

 

Jika Anda memiliki penyakit tertentu, pastikan membawa obat-obatan khusus sesuai dengan riwayat penyakit, ya.

 

2.5 Sandal

Cuaca di kota Makkah selalu tidak menentu, terkadang terasa panas maupun dingin. Sehingga, membawa sandal saat akan berangkat umroh menjadi suatu kewajiban yang mesti Anda lakukan.

 

Terlebih kalau Anda datang bersama travel umroh. Pihak travel biasanya akan membawa para jemaah untuk melihat-lihat sejarah perjuangan Nabi Muhammad serta para sahabatnya.

 

Khusus jemaah perempuan, sebaiknya memakai sepatu atau sandal yang dilengkapi dengan kaus kaki untuk menutup aurat. Berhubung rute yang akan Anda tempuh cukup jauh, pastikan menggunakan sandal yang nyaman agar kaki tidak mudah lecet.

 

2.6 Kacamata dan Masker

Jangan lupa membawa kacamata dan masker supaya terhindar dari panasnya terik matahari serta untuk menghalau debu. Untuk jemaah perempuan, Anda dapat mengganti masker dengan nikab. Seandainya lupa membawa, Anda tak perlu khawatir. Soalnya, barang ini mudah ditemukan di berbagai kawasan pertokoan sekitar Makkah.

 

2.7 Peralatan Mandi

Beberapa peralatan mandi yang perlu Anda bawa, yaitu sabun mandi, shampoo, sikat dan pasta gigi. Supaya tidak menghabiskan ruang dalam koper, Anda dapat membawa peralatan mandi dalam ukuran traveling supaya lebih praktis.

 

2.8 Skincare dan Face Spray

Seperti yang Anda tahu bahwa hawa kota Makkah cenderung panas sehingga pastikan membawa skincare dan face spray untuk melindungi kulit. Gunakan sunscreen atau sunblock dan pelembab untuk menjaga kulit dari panasnya sinar matahari.

 

Bawa pula beberapa krim khusus sesuai kebutuhan kulit untuk menjaga kulit tetap sehat. Dengan begitu, Anda dapat beribadah dengan nyaman dan fokus, ya.

 

2.9 Kaos Kaki

Kaos kaki menjadi pelengkap kebutuhan yang perlu Anda bawa saat akan beribadah umroh. Soalnya, kaos kaki akan selalu dipakai saat melakukan berbagai kegiatan di tanah suci. Tak perlu membawa kaos kaki tebal, cukup bawa kaos kaki yang bisa melindungi kaki dari debu dan tetap nyaman dipakai lama.

 

2.10 Lainnya

Para jemaah perempuan biasanya memiliki barang bawaan yang lebih banyak daripada lelaki. Jadi, pastikan Anda menyediakan ruang tambahan dalam koper untuk barang-barang tambahan yang akan Anda bawa. Mulai dari mukena, pembalut, peniti, tas kecil, tisu basah dan kering, hijab, baju gamis atau abaya, kuncir rambut, inner untuk hijab serta pakaian dalam.

 

Bawalah barang-barang tambahan secukupnya supaya tidak memenuhi koper. Untuk barang-barang kecil, seperti tisu, peniti, buku doa dan pembalut bisa Anda masukkan ke dalam tas kecil yang bisa dibawa kemana-mana.

 

Selain itu, seluruh jemaah wajib membawa smartphone, charger dan powerbank untuk memudahkan berkomunikasi, menemukan jalan serta mengabadikan momen. Namun, pastikan tetap menggunakan seperlunya saja supaya tetap bisa fokus beribadah.

 

Nah, itulah beberapa persiapan umroh yang mesti Anda perhatikan dan bawa saat akan berangkat ke tanah suci. Supaya tidak ada barang yang ketinggalan, pastikan untuk list dulu setiap barang yang akan Anda bawa tersebut. Sehingga, seluruh barang yang Anda butuhkan masuk semua ke dalam koper dan bisa menjalankan ibadah umroh dengan lancar, nyaman serta fokus.

 

Sobat BFI, jika Anda tertarik untuk melakukan umroh dengan menggunakan aset yang Anda miliki, BFI Finance bisa menjadi solusi Anda. Dalam program My Hajat, Anda dapat menjaminkan BPKB Mobil Anda untuk melangsungkan ibadah umroh.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembiayaan umroh melalui My Hajat dan produk-produk pembiayaan Syariah lainnya di BFI Finance, Anda dapat mengunjungi tautan berikut ini.

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Kategori : Syariah