Bisnis

12 Cara Meningkatkan Penjualan Untuk Omset Yang Lebih Besar Dengan Tepat

Admin BFI
31 July 2024
252
12 Cara Meningkatkan Penjualan Untuk Omset Yang Lebih Besar Dengan Tepat

Cara meningkatkan penjualan yang efektif dan tepat penting diketahui oleh para pebisnis. Sebab, seorang pebisnis tak hanya perlu memahami bagaimana cara mempertahankan usaha. Namun, harus mencari tahu juga cara untuk meningkatkan penjualan agar omset yang didapat semakin tinggi.

Nah, bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara meningkatkan penjualan produk, maka bisa cek informasinya di bawah ini.

 

 

1. 4 Faktor yang Menyebabkan Penjualan Menurun

Saat menjalankan bisnis, terkadang Anda pasti mengalami penjualan menurun. Jika itu terjadi, pastikan Anda mencari tahu penyebabnya supaya bisa mendapatkan solusi atas permasalahan tersebut.

Berikut beberapa faktor yang seringkali menjadi penyebab penjualan menurun, yaitu:

1.1 Harga Kurang Bersaing

Penjualan menurun bisa jadi karena harga yang Anda berikan kurang bersaing di pasaran. Harga yang dipatok terlalu tinggi dari pasaran akan membuat produk susah laku. Akibatnya, penjualan dan omzet menurun dan sulit untuk ditingkatkan.

Ingat, menetapkan harga yang tepat dan bersaing di pasaran penting untuk keberlangsungan bisnis.

Pastikan untuk mengetahui dan memahami segmentasi pasar dari produk yang Anda jual, sejauh mana minat serta permintaan konsumen tehadap produk tersebut. Selain itu, Anda juga mesti mengetahui kemampuan daya beli dari segmentasi pasar itu sendiri.

Apabila mematok harga terlalu tinggi di lingkungan menengah ke bawah, peluang produk untuk terjual laku pun akan sulit. Karena itu, pastikan untuk menjual produk dengan harga sesuai kebutuhan pembeli.

1.2 Strategi Pemasaran Kurang Tepat

Penjualan yang menurun juga bisa disebabkan oleh faktor strategi pemasaran kurang tepat. Sebab, jika pemasaran yang Anda pakai efektif, maka angka penjualan produk pun akan meningkat.

Sebaliknya, kalau strategi pemasarannya kurang hingga gagal, maka penjualan dan omzet pun menjadi turun.

Oleh karena itu, saat penjualan semakin menurun dari hari ke hari, pastikan Anda mengamati apakah strategi pemasaran yang dilakukan sudah tepat atau belum.

Jika kurang maksimal, artinya Anda harus mulai meningkatkan kreativitas serta mencari metode pemasaran baru.

Saat ini, strategi pemasaran online alias digital marketing bisa Anda gunakan. Mulai promosikan produk Anda di media sosial maupun seluruh marketplace. Buat juga copywriting menarik untuk produk yang Anda jual supaya bisa menemukan calon konsumennya.

Dengan strategi pemasaran yang kreatif dan baru, maka faktor penyebab penjualan menurun pun bisa jadi dapat teratasi.

 

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Strategi Pemasaran 4P dan Perkembangannya

 

1.3 Manajemen yang Lemah

Faktor penyebab penjualan menurun selanjutnya mungkin terjadi karena manajemen keuangan yang lemah.

Banyak bisnis yang tidak balik modal karena terlalu menghabiskan dana untuk sesuatu yang tidak perlu.

Contohnya, menyediakan stok bahan baku terlalu banyak, padahal permintaan pasar sedikit. Akibatnya, bahan-bahan baku itu tak bisa digunakan sama sekali.

Hal seperti itu termasuk ke dalam pemborosan dana, dimana Anda tidak akan meraih omzet sesuai yang diharapkan. Bukannya bisnis meningkat, Anda hanya akan mengalami kerugian saja nantinya.

Oleh sebab itu, pastikan pengelolaan dana dilakukan dengan tepat supaya budget atau dana perusahaan yang Anda miliki bisa berputar dan dimanfaatkan secara maksimal.

1.4 Kualitas Produk yang Kurang

Alasan pembeli tertarik belanja di tempat Anda karena produk yang ditawarkan. Seorang pembeli memiliki standar serta penilaian berbeda-beda, sehingga lebih memilih produk di tempat Anda daripada kompetitor.

Biasanya, alasan utama yang sering menjadi acuan adalah kualitas produk. Jadi, jika saat ini penjualan sedang menurun, maka Anda dapat mengecek kualitas produk yang ditawarkan kepada konsumen.

Jangan sampai karena mengincar keuntungan, Anda sampai menurunkan kualitas produk, ya. Misalnya, mengganti bahan baku atau menekan biaya produksi dan membuat produk yang dijual memiliki kualitas rendah.

Fokus terhadap keuntungan memang boleh, tetapi Anda harus tetap memberikan produk unggul dan berkualitas kepada pembeli. Tujuannya untuk membangun kepercayaan pembeli atau konsumen saat berbelanja di tempat Anda. Ini juga menjadi PR bagi para pebisnis pemula supaya tidak mengabaikan kualitas produk.

Untuk menentukan kualitas produk, Anda harus mempertimbangkan proses pemilihan bahan dasarnya. Kalau berjualan produk dari distributor atau supplier, pastikan untuk membandingkan kualitasnya dengan supplier lain. Pilih produk dengan kualitas tinggi, tapi memiliki harga yang bersaing di pasaran.

Ingat, calon konsumen hanya akan memilih produk dengan kualitas terbaik. Jadi, pastikan produk yang Anda jual memiliki kualitas seperti itu, ya.

Cara meningkatkan penjualan

Image Source: Freepik

2. 12 Cara Meningkatkan Penjualan dengan Tepat

Nah, supaya bisnis bisa berjalan lancar, Anda bisa mengikuti beberapa cara meningkatkan penjualan dengan tepat berikut ini.

2.1 Evaluasi Target Pasar dan Pelanggan

Cara meningkatkan penjualan pertama adalah melakukan evaluasi target pasar serta pelanggan. Tujuan evaluasi adalah untuk membuat keputusan yang tepat, terkait produk atau aktivitas pemasaran yang akan dijalankan.

Jika memiliki toko fisik, Anda dapat mengobrol bersama para pelanggan saat mereka berkunjung ke toko. Cari tahu apa yang menarik bagi mereka terkait produk-produk yang Anda jual.

Sementara jika berjualan secara online, sebagai penjual Anda harus proaktif supaya mengetahui apa yang menarik bagi para konsumen. Gunakan alat analitik pada toko online maupun sistem point-of-sale (POS) agar dapat mengidentifikasi pola serta preferensi pembelian.

 

Baca Juga: Analisis SWOT dalam Bisnis; Manfaat, Contoh, dan Cara Membuatnya

 

2.2 Tingkatkan Kualitas Produk

Produk yang berkualitas menjadi kunci utama untuk menarik konsumen melakukan pembelian. Sebab, kualitas produk yang baik akan menjawab permasalahan yang konsumen butuhkan.

Pastikan produk yang Anda jual memiliki kualitas produk lebih baik daripada kompetitor. Dengan begitu, pelanggan akan berdatangkan dan meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Selain itu, produk yang berkualitas tinggi akan memberikan banyak keuntungan. Tak hanya omzet yang semakin naik, Anda juga dapat membangun loyalitas pelanggan, meningkatkan kepercayaan pelanggan, serta membangun reputasi bisnis yang baik di mata para konsumen.

2.3 Lakukan Inovasi Produk

Dari hasil evaluasi target pasar, Anda bisa melakukan inovasi produk sesuai dengan permasalahan para pelanggan. Tujuannya agar produk yang Anda tawarkan bisa menjadi solusi terbaik atas permasalahan mereka.

Untuk melakukan inovasi produk, Anda dapat memulainya dengan memahami tren yang ada di pasaran. Cari tahu apa yang diinginkan atau dibutuhkan oleh pelanggan saat ini.

Selanjutnya, mulai mengembangkan produk baru dengan menciptakan produk yang unik dan menarik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Pastikan produk yang Anda ciptakan belum dimiliki oleh kompetitor supaya konsumen langsung menuju toko Anda.

Sementara untuk produk lama, Anda dapat memperbaharui fitur serta desainnya supaya lebih kompetitif dan tetap eksis di pasaran.

2.4 Perkuat Strategi Pemasaran dengan Metode Digital

Tak hanya mengandalkan pemasaran secara offline, Anda juga harus memperkuatnya dengan strategi marketing menggunakan metode digital.

Ada beberapa manfaat yang bisa bisnis dapatkan dari strategi digital marketing, yaitu menjangkau target pasar lebih luas, menargetkan audiens melalui iklan yang dipersonalisasikan, hingga memberikan data serta analitik yang akurat terkait strategi pemasaran yang Anda lakukan.

Tentunya, untuk memperkuat strategi pemasaran menggunakan metode digital, Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut:

  • Membuat konten menarik seputar produk yang Anda jual di media sosial
  • Mengoptimalkan website supaya mudah ditemukan di mesin pencari, seperti Google dengan bantuan SEO
  • Buat konten informatif dan menarik perhatian pelanggan
  • Mulai bangun hubungan pelanggan melalui email marketing.

Melalui strategi digital marketing yang optimal, Anda bisa meningkatkan penjualan produk dan menjangkau lebih banyak pelanggan potensial.

2.5 Tingkatkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Cara meningkatkan penjualan terpenting lainnya adalah meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan. Berikan pelayanan terbaik agar pelanggan terkesan dan merasa nyaman berbelanja di tempat Anda.

Mulai dari mengucapkan terima kasih karena sudah berbelanja di toko Anda, bersikap ramah saat melayani serta memahami kendala yang pelanggan hadapi. Dengan begitu, pelanggan akan membuka diri atas permasalahan produk yang mereka butuhkan.

Melalui pelayanan pelanggan yang baik, Anda dapat menarik lebih banyak calon pelanggan lagi nantinya. Dengan aktivitas tersebut, tingkat penjualan pun akan meningkat lebih pesat.

2.6 Berikan Penawaran yang Lebih Menarik

Cara meningkatkan penjualan paling ampuh selanjutnya adalah memberikan penawaran yang lebih menarik. Sebab, kebanyakan konsumen akan tertarik melakukan pembelian, terutama jika produk yang mereka incar sedang memberikan penawaran menarik.

Namun, perlu diingat bahwa saat memberikan penawaran, harga diskon atau promo yang diberikan tetap sesuai harga pokok produksi, ya. Tujuannya agar tidak merugikan bisnis dengan pemberian diskon terlalu besar.

Berikan penawaran menarik saat menjelang hari-hari tertentu, seperti hari raya, natal dan hari spesial lainnya. Kemudian, pilih jenis penawaran yang tepat, seperti diskon buy 1 get 2, paket bundling, diskon potongan harga dan lainnya.

Program diskon yang Anda tawarkan bisa ditentukan sendiri batas waktunya. Pemberitahuan promo diskon ini dapat Anda lakukan via media sosial, website, email marketing maupun media marketing lainnya sesuai dengan target pasar yang sudah Anda tentukan. Jadi, saat penawaran diskon dan promo tengah berlangsung, sudah pasti ada banyak pelanggan yang berkunjung serta melakukan pembelian. Hal ini akan membuat penjualan Anda meningkat pesat dan tetap memperoleh keuntungan.

2.7 Bangun Loyalitas Konsumen yang Kuat

Cara meningkatkan penjualan produk lainnya adalah membangun loyalitas konsumen yang kuat.

Berikan layanan terbaik untuk menciptakan pengalaman yang positif dan berkesan bagi pelanggan. Khusus pelanggan setia, Anda dapat menawarkan program loyalitas, seperti pemberian reward, diskon menarik maupun akses eksklusif.

Selain itu, membangun loyalitas konsumen juga dapat dilakukan dengan komunikasi yang baik. Lakukan komunikasi rutin di media sosial, acara khusus maupun email. Oleh karena itu, pelanggan akan merasa dekat sekaligus nyaman bersama dengan bisnis Anda.

Kalau sudah begitu, loyalitas konsumen akan terbangun dengan kuat, sehingga tak membuat mereka mudah berpindah ke produk lain yang ditawarkan kompetitor.

2.8 Review Mitra Kerja Anda

Selain mengevaluasi target pasar dan pelanggan, Anda juga mesti melakukan review terhadap mitra kerja.

Lakukan evaluasi mitra kerja dengan memastikan bahwa pihaknya tetap memberikan layanan berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Pastikan untuk membangun hubungan bisnis yang saling menguntungkan sehingga, kerjasama tetap terjalin erat untuk mencapai tujuan bersama.

Selain memperkuat hubungan dengan mitra kerja yang sudah ada, Anda dapat mencoba untuk mencari mitra kerja yang baru dan potensial. Tujuannya untuk memperluas jaringan bisnis agar mudah terjangkau oleh target pasar yang ada di mana saja.

Dengan begitu, penjualan produk dapat meningkat secara pesat dan membuat bisnis semakin berkembang.

2.9 Gunakan Review dan Testimoni Positif dari Pelanggan

Terkadang ada calon pembeli yang tidak terlalu yakin dengan kata-kata promosi suatu produk. Mereka akan mulai percaya dan yakin jika melihat langsung testimoni atau review positif dari para pelanggan sebelumnya.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan penjualan, Anda dapat menggunakan review dan testimoni positif dari pelanggan yang sudah melakukan pembelian. Tujuannya untuk menarik calon pembeli dan yakin bahwa produk inilah yang mereka butuhkan sekarang.

Jadi, setelah melakukan transaksi pembelian, jangan lupa untuk menghubungi kembali pelanggan, ya. Tanyakan terkait hasil dan kepuasannya setelah menggunakan produk yang Anda jual.

Lalu, hasil review pelanggan bisa Anda jadikan testimoni di akun media sosial agar terlihat oleh target pasar lainnya.

Cara ini sudah dilakukan oleh para pebisnis yang fokus mengembangkan bisnisnya di media sosial. Tentu saja, menampilan review dan testimoni positif menjadi cara ampuh untuk meningkatkan penjualan produk yang Anda miliki.

2.10 Gunakan Teknologi untuk Operasional Bisnis

Manfaatkan teknologi modern untuk operasional bisnis agar dapat memperkenalkan produk ke target pasar secara efektif. Mulai dari menggunakan media sosial, e-commerce hingga software CRM.

Layanan media sosial, seperti Facebook, Instagram, X (Twitter) berguna untuk mempromosikan produk yang Anda jual. Selain itu, media sosial cocok untuk membangun brand awareness dan berinteraksi bersama para pelanggan.

E-commerce merupakan sebuah website atau aplikasi yang dapat digunakan untuk menjual produk Anda. Pilih e-commerce terpopuler supaya bisa menjangkau banyak target pasar dari berbagai wilayah sampai luar negeri.

Sementara software CRM berfungsi untuk mengelola data pelanggan secara efektif serta meningkatkan hubungan bersama para pelanggan.

2.11 Selalu Ukur dan Evaluasi Keberhasilan

Rutin mengukur dan evaluasi keberhasilan juga menjadi hal penting yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan.

Sebelum mengeluarkan produk ke pasaran, Anda harus menetapkan target yang ingin dicapai terlebih dahulu. Pastikan target yang dilakukan realistis dan terukur supaya memperoleh hasil sesuai keinginan. Misalnya, dalam seminggu, penjualan yang dilakukan untuk produk A harus habis sebanyak 1000 item untuk mengembalikan modal sekaligus memberikan keuntungan bersih.

Dalam proses pencapaian target ini, pastikan selalu memantau kinerja strategi yang Anda gunakan secara berkala. Lalu, analisis data penjualan untuk mengetahui peluang serta kelemahan yang muncul. Setelahnya, Anda bisa mengetahui cara memasarkan produk yang tepat dan membuang kelemahan dari strategi yang tengah dijalankan.

 

Baca Juga: 11 Faktor Keberhasilan Usaha, Calon Entrepreneur Wajib Baca!

 

2.12 Konsisten dan Pantang Menyerah

Terakhir, sebagai pemilik bisnis, Anda harus selalu konsisten dan pantang menyerah terhadap bisnis yang tengah berjalan. Teruslah fokus terhadap tujuan yang ingin Anda raih dan jangan sampai tergoda dengan hal-hal lainnya.

Ingat, jangan takut mencoba hal baru dan belajarlah dari kesalahan bisnis yang Anda lakukan. Sebab, kesalahan tetap akan terjadi, tugas Anda hanya terus belajar dan menjadikannya sebagai pengalaman untuk terus maju.

Selain itu, tetap semangat dan pantang menyerah jika bisnis sedang surut, ya. Percayalah pada kemampuan diri dan cari solusi terbaik untuk terus meningkatkan penjualan serta bersaing dengan para kompetitor yang ada di bidang bisnis sama.

Itulah informasi seputar cara meningkatkan penjualan yang bisa Anda lakukan dengan tepat. Cara-cara di atas bisa menjadi acuan untuk para pebisnis pemula yang baru saja berkarir. Ingat, jangan mudah menyerah dan selalu semangat untuk membuat bisnis berkembang dan mendapatkan banyak pelanggan, ya.

Jika Anda adalah pemula dalam berbisnis dan membutuhkan tambahan modal usaha, Anda dapat mengajukan pembiayaan modal usaha melalui BFI Finance. Anda hanya menjaminkan BPKB Motor, Mobil, atau Sertifikat Rumah, kemudian mendapatkan pencairan dana sesuai dengan kebutuhan Anda. Nikmat suku bunga yang kompetitif dan tenor pembiayaan yang panjang. Tidak perlu ragu, karena kami telah melayani lebih dari 2 Juta pelanggan dari seluruh Indonesia. #SelaluAdaJalan bersama BFI Finance.

 

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis