Informasi Umum

Perbedaan Mobil Listrik vs Mobil Bensin dan Rekomendasinya

Admin BFI
16 August 2024
686
Perbedaan Mobil Listrik vs Mobil Bensin dan Rekomendasinya

Tahukah Anda perbedaan mobil listrik vs mobil bensin? Kedua mobil ini memiliki sejumlah perbedaan, mulai dari cara kerja, perawatan, biaya, suara, kinerja, pengisian bahan bakar hingga emisi-nya.

Selain memiliki perbedaan, mobil listrik dan mobin bensin pun mempunyai kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Nah, bagi Anda yang penasaran apa saja perbedaan, kelebihan dan kekurangan serta rekomendasi mobil listrik dan mobil bensin terbaik, maka bisa langsung saja cek ulasannya berikut.

 

1. Perbedaan Mobil Listrik vs Mobil Bensin

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil, yuk ketahui dulu beberapa perbedaan mobil listrik vs mobil bensin di bawah ini.

1.1 Cara Kerja

Seperti yang Anda tahu, mobil listrik bergerak menggunakan sumber energi berupa listrik, sementara mobil bensin menggunakan bensin sebagai sumber energinya. Dilihat dari sumber energi yang digunakan, tentunya cara kerja kedua mobil ini sudah pasti berbeda.

Mobil listrik menggunakan baterai sebagai sumber daya utama. Baterai ini menyimpan energi listrik yang digunakan untuk menggerakkan motor listrik dari dalam mobil. Nah, motor listrik inilah yang bertugas untuk menggerakkan roda melalui transmisi.

Sementara mobil bensin bekerja menggunakan BBM (Bahan Bakar Minyak) yang dibakar di dalam mesin Internal Combustion (IC) supaya dapat menghasilkan energi untuk menggerakkan mobil melalui transmisi serta roda.

1.2 Perawatan

Perawatan mobil listrik memang tergolong lebih mudah daripada mobil bensin pada umumnya.

Mobil listrik memiliki komponen bergerak lebih sedikit daripada mobil bensin, sehingga bagian yang perlu diperiksa secara rutin tak perlu banyak. Jenis mobil ini juga terpusat pada baterai, mulai dari memantau kesehatan baterai, menjaga suhu baterai tetap optimal, serta memastikan tak ada kerusakan fisik pada baterai tersebut.

Walaupun perawatannya lebih sederhana dan terpusat pada baterai, Anda tak boleh melewatkan memeriksa komponen lain, seperti rem, sistem pendingin serta ban.

Sementara untuk perawatan mobil bensin lebih kompleks karena mempunya komponen bergerak yang banyak, seperti transmisi, mesin, sistem pendingin, hingga sistem pembuangan. Seluruh komponen ini perlu diperhatikan dan dirawat secara rutin agar mobil tetap berjalan dengan baik.

Selain itu, salah satu perawatan paling umum dari mobil bensin adalah pergantian oli secara berkala. Fungsi oli sendiri adalah untuk melumasi komponen mesin supaya tidak cepat aus. Filter udara dan busi pun tak boleh sampai Anda lewatkan saat sedang perawatan.

Filter udara, oli dan bahan bakar mesti diganti rutin untuk menjaga kinerja mesin tetap optimal. Busi yang ada pada mesin bensin pun harus diganti berkala untuk memastikan bahan bakar berjalan dengan baik.

1.3 Biaya

Dari segi biaya pun, mobil listrik vs bensin memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Biaya yang dimaksud disini bukan berasal dari harga pembelian saja. Namun, biaya perawatan, sumber energi serta pajak tahunan.

Mobil listrik cenderung menghabiskan biaya lebih murah. Soalnya, dari sumber energinya saja, mobil ini hanya perlu di charging dan tak memerlukan BBM untuk bahan bakarnya.

Pemerintah juga memberikan program insentif pajak untuk menarik minat masyarakat supaya segera beralih ke mobil listrik.

Terkait biaya perawatan pun, mobil listrik terbilang terjangkau karena komponen yang ada di dalam mobil lebih sedikit daripada mobil bensin.

Sementara itu, biaya mobil bensin cenderung lebih mahal karena Anda harus membeli bahan bakar serta membayar pajak tanpa ada program insentif dari pemerintah.

Jadi, pajak yang mesti Anda bayar untuk mobil bensin adalah jumlah utuh pajak tahunan tanpa ada potongan apapun.

1.4 Suara

Perbedaan mobil listrik vs mobil bensin lainnya dapat Anda ketahui dari suara yang dihasilkannya.

Suara yang dikeluarkan mobil listrik sangat senyap, bahkan hampir tak mengeluarkan suara saat sedang berjalan. Sebab, mobil jenis ini tak memiliki mesin pembakaran internal yang berisik.

Sementara mobil bensin menghasilkan suara mesin khas akibat proses pembakaran bahan bakar. Suara dari mobil bensin ini dapat berbeda-beda tergantung jenis mesin serta kondisi mobil itu sendiri.

1.5 Kinerja

Mobil listrik memiliki tergolong responsif dan cepat, terutama ketika start. Torsi instan yang ada pada motor listriknya dapat memberikan akselerasi halus serta bertenaga. Untuk efisiensi energinya pun tinggi, cocok digunakan dalam aktivitas perkotaan yang tiada henti.

Di sisi lain, kinerja mobil bensin tergantung pada jenis mesinnya sendiri. Namun, biasanya tidak pernah secepat mobil listrik saat mulai berjalan. Bahkan, efisiensinya juga tergantung pada jenis mesin serta kondisi jalan yang akan dilalui.

1.6 Pengisian Bahan Bakar

Dari segi pengisian bahan bakar, mobil listrik menggunakan stasiun pengisian daya (SPKLU) atau charger yang ada di rumah. Lamanya waktu pengisian berbeda-beda tergantung jenis charger serta kapasitas baterai mobilnya. Untuk bahan bakarnya menggunakan listrik yang ada pada jaringan listrik.

Sementara mobil bensin menggunakan bahan bakar bensin atau solar yang pengisiannya dapat Anda lakukan menggunakan pompa bensin di SPBU.

1.7 Emisi

Perbedaan mobil listrik vs mobil bensin terakhir dapat dilihat dari segi emisi yang dikeluarkan.

Mobil listrik tidak mengeluarkan emisi gas buang sama sekali, sehingga menjadi kendaraan ramah lingkungan yang cukup direkomendasikan. Sementara mobil bensin mengeluarkan emisi gas buang yang memiliki kandungan zat polutan, sehingga dapat mencemari lingkungan serta udara.

Selain itu, ada juga jenis mobil hybrid yang mengeluarkan emisi gas buang, tetapi zat polutan yang dimilikinya masih terbilang rendah.

Jadi, jika ingin tetap menjaga lingkungan dari bahaya polusi udara dan pencemaran lingkungan, memang sebaiknya memilih mobil listrik saja.

2. Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki mobil listrik, yaitu:

2.1 Kelebihan Mobil Listrik

Berikut beberapa kelebihan mobil listrik yang penting Anda ketahui:

2.1.1 Ramah Lingkungan

Kelebihan mobil listrik pertama adalah ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi buang apapun dari proses pembakarannya. Dari keunggulan inilah, banyak masyarakat yang mulai beralih kepada mobil listrik agar membantu mengurangi masalah polusi.

2.1.2 Kondisi Kabin Tenang

Saat sedang berkendara, mobil listrik memberikan kenyamanan berupa kondisi kabin yang begitu tenang. Soalnya, jenis mobil ini tidak menimbulkan suara dari proses pembakaran bahan bakarnya.

2.1.3 Perawatan Terjangkau

Biaya perawatan mobil listrik cenderung terjangkau daripada mobil bensin. Sebab, biaya pengisian daya-nya cukup murah serta tak membutuhkan banyak perawatan, seperti pergantian oli, busi dan lainnya.

2.1.4 Bayar Pajak Lebih Murah

Khusus pengguna mobil listrik, pemerintah memberikan program insentif pajak, di mana Anda memperoleh harga pajak tahunan lebih murah daripada mobil bensin. Bahkan, pengguna yang ada di DKI Jakarta bisa menikmati Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) PKB secara gratis. Pemilik mobil listrik hanya perlu membayar sekitar 10% saja.

2.1.5 Lebih Gesit

Mobil listrik terbilang gesit dan lincah daripada mobil bensin yang menggunakan BBM. Sebab, ketika Anda menginjak pedal gas, mobil ini akan langsung mencapai torsi puncak.

2.2 Kekurangan Mobil Listrik

Selain memiliki sejumlah kelebihan, mobil listrik juga mempunyai beberapa kekurangan, yaitu:

2.2.1 Harga Terbilang Mahal

Bukan rahasia lagi kalau harga mobil listrik lebih mahal daripada mobil biasa. Mobil listrik termurah, yaitu DFSK Gelora E yang dijual di Indonesia pun ada di kisaran Rp 469 juta. Sementara jenis mobil listrik dari Hyundai Kona atau Ioniq dijual seharga Rp 600 juta.

2.2.2 Lokasi Pengisian Baterai Masih Minim

Hingga kini, lokasi pengisian baterai atau SPKLU masih tergolong terbatas di beberapa wilayah Indonesia. Jumlahnya yang minim seringkali membuat pengguna mobil listrik kesulitan untuk mencari lokasi pengisian baterai, terutama saat baterai habis di tengah jalan.

2.2.3 Waktu Charger Lama

Kekurangan mobil listrik lainnya adalah proses pengisian baterainya membutuhkan waktu lama. Biasanya, supaya baterai dapat terisi penuh melalui wall charger membutuhkan waktu mulai dari 5-6 jam.

Sementara jika diisi melalui Stasiun Pengisian Kendaran Listrik Umum (SPKLU), Anda akan membutuhkan waktu antara 1-2 jam dengan fasilitas fast charging hingga terisi penuh 100 persen.

2.2.4 Jangkauan Jarak Tempuh Terbatas

Tak seperti mobil bensin, mobil yang diisi melalui jaringan listrik memiliki jangkauan jarak tempuh terbatas. Dalam sekali pengisian baterai penuh, mobil ini hanya bisa menempuh jarak beberapa km tertentu saja.

Oleh sebab itu, pengguna mobil listrik mesti membuat perencanaan terkait jarak serta daya baterai sebelum mulai berkendara supaya dapat melalui perjalanan secara lancar.

perbedaan mobil listrik vs mobil bensin

Image Source: Freepik

3. Kelebihan dan Kekurangan Mobil Bensin

Tak hanya mobil listrik, mobil bensin juga memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan, yaitu:

3.1 Kelebihan Mobil Bensin

  • Harga lebih murah daripada mobil listrik
  • Memiliki jarak tempuh jauh, termasuk saat cuaca buruk sekalipun
  • Tersedia beragam varian mobil, sehingga dapat disesuaikan dengan tingkat kenyamanan masing-masing.

3.2 Kekurangan Mobil Bensin

  • Mengeluarkan emisi gas karbon, sehingga menyebabkan terjadinya polusi udara dan pencemaran lingkungan
  • Harga jual mobil bensin bekas relatif menjadi rendah daripada mobil listrik
  • Biaya operasional atau perawatannya mahal karena mempunyai banyak komponen yang harus diperhatikan
  • Suara yang dikeluarkan lebih bising, tergantung jenis mobilnya
  • Performanya cukup rendah daripada mobil listrik dari segi akselerasi atau kinerjanya.

4. Rekomendasi Mobil Listrik dan Mobil Bensin

Bagi Anda yang sudah memutuskan ingin membeli mobil listrik maupun mobil bensin, berikut ada beberapa rekomendasi terbaik yang dapat Anda pertimbangkan, diantaranya:

4.1 Rekomendasi Mobil Listrik

Berikut rekomendasi mobil listrik terpopuler di Indonesia yang bisa Anda pilih salah satunya, yaitu:

4.1.1 MG 4 EV

Tampilan mobil listrik MG 4 EV terlihat sporty dan futuristik, sehingga populer di kalangan pecinta mobil. Mobil ini sudah dilengkapi lampu LED pada bagian depan serta belakangnya.

Pada bagian interiornya terdapat MG Super Charge Station sampai 10 Inch Color Touch Screen Infotainment System.

Performa baterai yang ditawarkan MG 4 EV sangat menarik karena memiliki kapasitas daya 51 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 425 km. Menariknya, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 35 menit saja untuk mengecas sampai 80% daya baterai. Kondisi ini terjadi karena dukungan mode DC alias fast charging.

MG 4 EV dijual dengan harga tinggi, yaitu sekitar Rp 649,9 jutaan.

4.1.2 Hyundai Kona Electric

Hyundai Kona Electric menyediakan beberapa varian warna, yaitu biru, putih dan hitam. Tampilan mobilnya terlihat gagah dan kompak, dilengkapi dengan teknologi pencahayaan dari lampu LED yang membuatnya semakin modern.

Dibekali baterai Lithium 65 kWh yang dapat menghasilkan tenaga 201 hp serta toris 394 Nm, Hyundai Kona Electric mampu menjelajah hingga sejauh 482 km.

Pengisian baterai hingga 80% membutuhkan waktu sekitar 54 menit melalui pengisian daya cepat 100 kW DC (CSS).

Untuk harga yang ditawarkan ada di kisaran Rp 750 jutaan.

4.1.3 Wuling Air Ev

Menurut situs resmi Wuling, mobil listrik Wuling Air Ev varian standard range dibanderol dengan harga Rp 238 juta. Sementara untuk varian long range memiliki harga Rp 295 juta OTR (On The Road) Jakarta.

Walau terlihat mungil, Wuling Air Ev mampu memuat hingga 4 orang penumpang dengan jarak tempuh sekitar 200 sampai 300 km.

Fitur yang dimilikinya pun cukup mumpuni karena sudah dilengkapi dua airbags, teknologi Internet of Vehicle (IoV), sertifikasi water ressistant IP67 pada baterai, WIND (Wuling Indonesian Command), panel instrumen 7 sampai 10,25 inci, serta rem ABS dan EBD.

4.2 Rekomendasi Mobil Bensin

Apabila lebih memilih mobil bensin, Anda dapat mempertimbangkan beberapa rekomendasi mobil dengan bahan bakar minyak berikut:

4.2.1 Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander memiliki kabin luas yang nyaman dan muat hingga 7 orang penumpang. Kursinya tergolong fleksibel dan mudah dilipat, sehingga akses keluar masuk penumpang dari kursi belakang lebih leluasa.

Selain itu, mobil berbahan bakar bensin ini sudah dilengkapi fitur Cruise Control khusus Xpander Ultimate. Dengan fitur tersebut memudahkan pengemudi mengatur kecepatan saat berada di jalan tol tanpa menginjak pedal gas. Bahkan, transmisinya pun sudah mendapat dukungan CVT yang efisien dalam penggunaan BBM.

4.2.2 Daihatsu Xenia

Sejak 2004, Daihatsu Xenia menjadi mobil favorit keluarga di Indonesia. Sebab, mobil ini memiliki kapasitas hingga 7 orang yang ditawarkan dengan harga murah meriah. Meskipun harganya murah, tetapi kualitas yang ditawarkan tetap bersaing dengan mobil lainnya.

Versi terbaru Daihatsu Xenia hadir dengan dua mesin, yaitu mesin 1,5 L berkode 2NR-VE serta mesin 1,3L 1NR-VE. Dua-duanya sudah lengkap dengan teknologi Dual VVT-I yang membuat efisiensi kerja mesin menjadi lebih optimal.

4.2.3 Honda Mobilio

Selain Daihatsu Xenia, Honda Mobilio juga menjadi pilihan mobil keluarga yang muat hingga 8 orang penumpang.

Tampilan luarnya sekilas mirip Honda Brio, tetapi dari segi kapasitas sudah pasti lebih unggul Mobilio.

Tak hanya ukuran kabinnya yang luas, bagasi mobil ini tergolong lapang untuk menyimpan banyak barang. Tak heran, Honda Mobilio digadang-gadang sebagai mobil dengan bagasi paling luas di kelasnya.

4.2.4 Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga memiliki interior mewah yang dapat memberikan kenyamanan ekstra kepada para penumpang. Fitur yang disediakan cukup komplit, mulai dari door open stoppers, steering audio and phone control, hingga rear parking sensor.

Performa yang diberikan pun cukup responsif, berbekal mesin 1.500 cc, mobil ini mampu menghasilkan tenaga 104 PS per 6.000 rpm serta torsi 138 Nm per 4.000 rpm.

Ditambah lagi, efisiensi konsumsi bahan bakar alias BBM-nya pun tergolong irit di kelasnya. Oleh karena itu, Suzuki Ertiga menjadi pilihan banyak orang, terutama untuk Anda yang ingin bepergian jauh bersama keluarga besar.

Itulah beberapa perbedaan mobil listrik vs mobil bensin yang bisa Anda ketahui. Kini, Anda sudah mengetahui perbedaan, termasuk kelebihan dan kekurangannya, ‘kan? Dengan begitu, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli mobil listrik atau mobil bensin. Sesuaikan dengan kenyamanan, budget serta kebutuhan masing-masing untuk membeli mobil impian tersebut.

---

Kini BFI Finance hadir dengan layanan pembiayaan terbaru yaitu pembiayaan mobil listrik untuk membantu memenuhi segala kebutuhan Anda. Nikmati suku bunga kompetitif mulai dari 0,76% per bulan dan proses persetujuan yang cepat! BFI Finance berizin resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan telah membantu lebih dari 2 Juta pelanggan di seluruh Indonesia. Ajukan pembiayaan sekarang di BFI Finance! #SelaluAdaJalan bersama BFI Finance.

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Informasi Umum