Bisnis

Mengenal Warung Madura dan Strategi untuk Mengelolanya

Admin BFI
19 July 2024
386
Mengenal Warung Madura dan Strategi untuk Mengelolanya

Warung Madura menjadi salah satu toko kelontong yang kian menjamur hampir di seluruh wilayah Indonesia. Biasanya, usaha ini dilakukan oleh keluarga dan diwariskan secara turun temurun.

Warung Madura memiliki ciri khas dan strategi tersendiri dalam memasarkan seluruh produk yang mereka jual. Menariknya, warung ini tak pernah sepi pelanggan, bahkan selalu ramai setiap hari.

Nah, bagi Anda yang ingin memahami lebih jauh terkait usaha warung Madura, maka bisa simak ulasannya berikut.

 

 

1. Apa Itu Warung Madura?

Warung Madura bukan hanya sekedar label bahwa bisnis ini milik para orang-orang dari Madura. Namun, istilah ini menjadi sebuah ikon atau ciri khas dari warung tersebut. Yakni, buka selama 24 jam, menjual bensin eceran hingga berbagai kebutuhan pokok secara lengkap.

Jika ingin mengetahui lebih dalam seputar definisi warung madura, alasan penamaan serta fakta menariknya, yuk lanjut baca di bawah ini.

1.1 Definisi Warung Madura

Warung Madura terkenal sebagai sebutan untuk toko kelontong serba ada. Anda dapat menemukan berbagai macam produk, seperti kebutuhan pokok sehari-hari, kebutuhan pokok, aneka jajanan, bensin eceran hingga pulsa dan token listrik.

Seperti namanya, kebanyakan pemilik warung ini berasal dari Madura dan diwariskan secara turun temurun. Biasanya, warung akan dijaga secara bergantian oleh kerabat maupun pegawainya.

1.2 Kenapa Disebut Warung Madura?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penamaan warung Madura berasal dari pemiliknya sendiri yang rata-rata berasal dari Madura. Selain itu, warung ini terkenal dengan isi warungnya yang lengkap serta beroperasi selama 24 jam.

Sejarah warung Madura berawal dari seorang perantau asal Sumenep yang sukses menjalankan bisnis toko kelontongnya di toko besar. Kabar kesuksesan ini langsung tersebar ke kampung halamannya sehingga, membuat orang-orang terdekat tertarik untuk membuka usaha sama.

Ditambah lagi, jiwa perantau yang melekat pada orang Madura turut mendorong niat dan tekad untuk membuka toko kelontong yang kini terkenal dengan nama warung Madura.

Perkembangan bisnis warung Madura cukup pesat dari hari ke hari sebab, warung ini memiliki ciri khas tersendiri yang berguna untuk membantu para masyarakat sekitar. Salah satunya harga produk yang ditawarkan cenderung lebih murah meriah dan buka selama 24 jam setiap hari.

1.3 Fakta Unik Warung Madura

Setelah mengetahui arti dan alasan penamaan dibalik warung Madura, ternyata toko kelontong serba ada ini memiliki sejumlah fakta unik yang menarik, yaitu:

1.3.1 Penjaga Warung adalah Pasangan Suami Istri

Hampir di seluruh tempat warung Madura penjaganya adalah pasangan suami istri. Soalnya, jarang sekali warung ini yang merekrut pegawai seperti toko kelontong lainnya.

Biasanya, sang istri akan berjaga dari pagi sampai sore. Kemudian dilanjutkan dari sore sampai dini hari oleh suaminya.

1.3.2 Penjaga Warungnya Sering Teleponan atau Video Call

Tidak perlu heran jika saat berkunjung ke warung, Anda akan melihat penjaganya sedang telepon maupun video call. Biasanya, mereka sedang mengobrol dengan keluarga di kampung maupun teman-temannya.

Sebenarnya, alasan sering teleponan atau video call ini supaya tidak mengantuk saat sedang berjaga di warung, sebab mereka akan berjaga sepanjang malam, sehingga harus mengantisipasi rasa kantuk agar terhindar dari berbagai kejahatan yang bisa saja terjadi.

1.3.3 Tersedia Pertamini atau Bensin Ecer

Tak hanya terkenal sebagai penjual sembako alias kebutuhan pokok, warung Madura sering juga menyediakan pertamini maupun bensin eceran. Jadi, setiap kali ingin mengisi bensin, banyak orang yang datang ke warung ini dengan memilih salah satu BBM yang mereka jual.

 

Baca Juga: Tips Buka Franchise Pertamina, Syarat dan Cara Daftarnya

 

1.3.4 Pemilik Warung Laki-laki Terbiasa Memakai Sarung

Fakta unik lainnya adalah kebanyakan pemilik warung laki-laki sering memakai sarung saat sedang melayani pembeli. Umumnya, mereka berusia sekitar 26 sampai 55 tahun. Mereka juga terlihat sering tidur di atas tikar yang ada di dalam warung saat siang hari supaya bisa bergantian jaga warung pada malam sampai dini hari.

 

2. Strategi Bisnis Warung Madura

Apabila Anda tertarik mengelola bisnis warung Madura, ada beberapa strategi yang bisa Anda ikuti, yaitu:

2.1 Berikan Harga Termurah

Strategi pertama memulai bisnis warung Madura adalah memberikan harga termurah daripada harga supermarket, minimarket maupun toko kelontong lainnya. Sebelum menentukan harga, lakukan survei pasar terlebih dahulu agar harga yang Anda cantumkan tetap memberikan keuntungan.

Dengan harga murah, biasanya mudah untuk menarik para calon konsumen dan menjadikannya sebagai pelanggan, lho.

2.2 Buka 24 Jam

Warung Madura memiliki ciri khas buka 24 jam nonstop, sehingga hal ini menjadi strategi penting yang mesti Anda lakukan. Tujuan warung buka 24 jam setiap hari adalah untuk memudahkan masyarakat saat ingin membeli produk barang mendesak, terutama di malam hari.

Melalui warung yang bukanya 24 jam, maka masyarakat pun menjadi terbantu dan tidak kesulitan mencari barang yang mereka butuhkan. Tentunya, Anda dapat menjaga warung secara bergiliran dengan istri, suami, kerabat maupun saudara. Misalnya, ada yang bertugas menjaga warung dari pagi sampai sore, lalu berganti jaga mulai sore sampai dini hari.

2.3 Sediakan Segala Kebutuhan Pokok

Selain terkenal buka 24 jam tanpa libur, warung Madura juga terkenal menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok sehari-hari. Strategi ini akan membantu Anda menemukan banyak pelanggan, sehingga warung senantiasa ramai setiap hari.

Pastikan menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok, seperti sembako, kebutuhan dapur, kamar mandi, makanan ringan atau jajanan anak-anak, rokok, galon air, aneka minuman, pulsa dan token listrik hingga bensin eceran.

Jika isi warung terlihat lengkap sesuai kebutuhan masyarakat, maka Anda tak perlu khawatir soal pemasukan, sebab setiap hari pembeli akan berdatangan tanpa berkurang, justru akan bertambah kalau pelayanannya semakin meningkat.

2.4 Jaga Hubungan Baik dengan Supplier

Strategi bisnis warung Madura selanjutnya adalah menjaga hubungan baik dengan supplier atau pemasok barang. Tujuannya supaya Anda bisa mendapatkan harga barang terbaik dan bersaing dengan toko lainnya.

Melalui harga terbaik yang supplier berikan, Anda akan meraup untung lebih tinggi nantinya. Selain itu, produk yang Anda jual selalu lengkap karena setiap kali stok menipis, supplier akan langsung mengirimkan produk yang Anda butuhkan ke warung.

2.5 Lokasi Strategis

Strategi memulai bisnis warung Madura yang perlu Anda perhatikan lainnya adalah pemilihan lokasi. Pastikan Anda menemukan lokasi strategis yang cocok untuk membangun toko kelontong serba ada.

Umumnya, lokasi yang tepat untuk warung ini adalah di tengah-tengah pemukiman warga yang masyarakatnya cukup padat. Selain itu, Anda juga dapat mencari lokasi di pinggir jalan yang ramai dilewati oleh orang.

Kalau sudah menemukan lokasi strategi yang pas, langsung saja mulai membangun warung Madura tersebut, ya. Mulai catat apa saja produk atau kebutuhan pokok yang akan Anda jual. Pastikan memilih supplier yang terpercaya supaya dapat mengirimkan produk yang dibutuhkan secara teratur.

2.6 Jangan Memungut Biaya Parkir

Saat membuka bisnis ini, pastikan Anda menghindari pemungutan parkir kepada setiap pembeli yang datang. Hal ini dilakukan supaya konsumen merasa nyaman dan hemat ketika sedang berbelanja.

Dengan kondisi tersebut, mereka dapat membeli semua produk yang dibutuhkan, tanpa ada biaya lain lagi. Alhasil, pembeli merasa senang, begitu pula dengan pemilik warungnya sendiri.

2.7 Tidak Boleh Gengsi

Terkadang banyak orang yang merasa gengsi saat akan memulai bisnis toko kelontong. Padahal, bisnis ini memiliki peluang menjanjikan dan mampu meraup untung besar.

Namun, kata ‘gengsi’ tidak berlaku bagi orang-orang Madura karena mereka adalah orang-orang pekerja keras serta memiliki etos kerja tinggi. Orang Madura selalu fokus terhadap hasil yang dicapai dari bisnis sehingga, rata-rata pemilik warung Madura selalu sukses dan meraih impian yang mereka inginkan.

Jadi, jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini, pastikan tidak gengsi saat akan memulainya, ya. Fokus saja terhadap hasil usaha, bukan pada penampilan bisnis maupun status sosial. Yang penting Anda dapat meraup keuntungan dan membuat bisnis warung semakin dikenal masyarakat sekitar.

2.8 Tawarkan Layanan Delivery

Supaya bisa mengikuti perkembangan zaman, warung Madura yang Anda kelola dapat memberikan tawaran layanan delivery kepada seluruh pelanggan. Tak hanya pengiriman untuk masyarakat sekitar, Anda bisa membuka toko kelontong ini di marketplace supaya mampu melayani delivery ke seluruh Indonesia.

Dengan layanan delivery, warung milik Anda akan lebih mudah mendapatkan konsumen. Bahkan, lebih banyak daripada hanya pembeli yang berdatangan langsung ke warung.

Manfaatkan dengan baik kesempatan ini untuk memperoleh omzet besar sehingga, warung semakin sukses dan lengkap isinya nanti.

2.9 Terbuka Kritik dan Saran Pelanggan

Orang Madura cenderung menghormati dan menghargai para pelanggannya. Jadi, jika Anda membuka warung ini, pastikan untuk seluruh menerima kritik dan saran dari para pembeli, ya.

Kritik dan saran yang membangun akan memberikan dampak positif untuk perkembangan bisnis. Kelola dengan baik setiap kritik serta saran yang masuk, lalu aplikasikan dalam pelayanan sehari-hari.

Nantinya, para pelanggan lebih nyaman berbelanja di warung Anda karena memiliki pelayanan yang luar biasa.

Warung Madura

Image Source: Freepik

3. Tips Kelola Warung Madura

Selain mengetahui strategi yang perlu Anda pelajari, pemilik warung Madura harus mengetahui beberapa tips jitu supaya warung selalu ramai pembeli, yaitu:

3.1 Jaga Kepercayaan Pelanggan

Tips mengelola warung Madura pertama adalah senantiasa menjaga kepercayaan pelanggan. Tips ini penting Anda lakukan mengingat toko kelontong seperti ini sudah menjamur dimana-mana. Kalau Anda tidak bisa membuat pelanggan puas dan nyaman saat sedang berbelanja, pelanggan akan kapok berbelanja di warung Anda.

Kalau sudah begitu, mereka akan beralih belanja ke warung lain yang ada di sekitarnya. Sementara jika Anda mampu membuat pelanggan puas berbelanja, biasanya mereka akan kembali lagi ke toko Anda.

3.2 Mental Wirausaha

Ketika sudah memutuskan untuk memulai bisnis, pastikan Anda memiliki kesabaran yang besar karena pasti ada banyak saingan yang bergerak di bidang sama. Terutama jika Anda memulai usaha warung Madura dari nol di kota besar.

Mental wirausaha yang tangguh dibutuhkan dalam bisnis ini, terutama kesabaran dan ketekunan, sebab membesarkan warung dari nol membutuhkan proses yang tidak cepat. Terkadang, pembeli yang berkunjung begitu ramai, tetapi di lain waktu terasa sepi hanya sekitar 2-3 orang saja. Padahal, toko sudah dibuka sedari pagi sampai dini hari.

Selain itu, sebagai pemilik warung Anda harus tekun melayani pembeli, merapikan stok barang, mengamati produk yang berpotensi laku serta mencatat hasil penjualan.

Apabila melihat warung Madura orang lain terlihat ramai, Anda tak boleh merasa iri. Namun, pelajari apa yang salah dari bisnis dan cari solusi yang tepat supaya warung milik Anda bisa ramai seperti mereka.

So, kesabaran dalam mengelola warung Madura akan membuat Anda bertahan dari berbagai macam masalah bisnis. Sementara ketekunan akan membuat bisnis menjadi berkembang dan lebih baik dari sebelumnya.

 

Baca Juga: 11 Faktor Keberhasilan Usaha, Calon Entrepreneur Wajib Baca!

 

3.3 Manajemen Stok yang Baik

Manajemen stok penting para pemilik bisnis ketahui agar suasana warung selalu terlihat menarik bagi konsumen. Anda dapat menata produk sesuai jenisnya, misal produk susu diletakkan dengan produk susu lainnya hingga minuman botol diletakkan sejajar dengan produk sama.

Letakan produk makanan di rak bagian atas atau tengah, sementara produk sembako pada bagian bawah. Penataan stok barang seperti ini akan memudahkan pelanggan saat mencari produk yang ingin mereka beli.

Selain menata sesuai jenis produk, Anda dapat menata produk sesuai tanggal kadaluwarsa. Contohnya, produk yang cepat atau sebentar lagi kadaluwarsa bisa Anda tempatkan pada rak bagian depan dan atas. Kemudian, produk yang kadaluwarsa lebih atau masih lama, maka dapat Anda simpan pada bagian belakang.

3.4 Tertib Catat Penjualan dan Belanja Barang

Supaya warung Madura milik Anda semakin sukses, jangan lupa untuk selalu mencatat uang yang masuk karena penjualan dan uang keluar untuk belanja barang secara rutin. Catat juga biaya lainnya, seperti biaya angkut, listrik serta air.

Tentunya, tertib mencatat penjualan serta belanja barang akan memberikan manfaat. Mulai dari mengetahui perbandingan harga barang yang Anda beli, mengetahui besaran keuntungan dan kerugian, serta mengetahui nilai omzet setiap periodiknya.

3.5 Cari Pegawai yang Handal

Meskipun kebanyakan warung Madura dikelola oleh pasangan suami istri, tetapi toko yang sudah besar biasanya membutuhkan pegawai agar operasional toko harian tetap berjalan lancar. Kebanyakan pemilik warung ini akan mempekerjakan orang sesama dari Madura sebagai pegawainya.

Pastikan pegawai yang Anda pilih andal dalam menjaga warung dan bisa bertanggungjawab atas pekerjaannya. Anda dapat menggunakan dua pegawai yang bekerja secara bergantian. Misalnya, pegawai X bekerja dari jam 6 pagi sampai 6 sore, sementara pegawai X mulai dari pukul 6 sore sampai 6 pagi.

Berikan pembagian kerja yang efektif untuk setiap pegawai karena masing-masing dari mereka memiliki tugas tersendiri. Seperti membersihkan toko, mencatat penjualan, menyusun barang di rak dan lainnya.

3.6 Jaga Kebersihan Warung

Saat mengunjungi sebuah warung, Anda pasti lebih nyaman dan senang berkunjung ke warung yang memiliki tampilan rapi dan bersih, ‘kan?

Oleh sebab itu, pastikan warung yang Anda kelola selalu dalam keadaan rapi dan bersih. Layani pembeli dengan ramah pula agar pelanggan merasa nyaman dan berbelanja lagi ke toko Anda.

3.7 Gabung dengan Komunitas Pengusaha

Tips terakhir mengelola warung Madura lainnya adalah bergabung dengan komunitas yang beranggotakan para pengusaha. Tujuannya untuk menambah relasi dan mencari tahu ilmu-ilmu seputar wirausaha agar bisa menjadi pengusaha sukses.

Nah, itulah informasi seputar strategi dan tips mengelola warung Madura yang bisa Anda ketahui. Sebagai orang Madura yang ingin menjalankan bisnis ini, Anda tak perlu ragu dan memikirkannya terlalu lama, ya. Mulai saja dulu sekarang dan aplikasikan strategi serta tips yang telah dijelaskan di atas dengan baik.

--

Jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis warung madura, tetapi terhalang oleh pendanaan modal usaha, Anda dapat mengajukan pembiayaan modal usaha di BFI Finance! BFI Finance melayani pembiayaan modal usaha dengan jaminan BPKB Motor, Mobil, maupun Sertifikat Rumah. Nikmati berbagai keuntungan seperti pencairan dana sebesar 80% dari nilai kendaraan dan suku bunga yang kompetitif! Ajukan pembiayaan sekarang di BFI Finance! #SelaluAdaJalan bersama BFI Finance.

 

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis