Bisnis

10 Ide Bisnis Makanan Tradisional Indonesia Populer dan Menjanjikan, Apa Saja?

Admin BFI
23 August 2024
209
10 Ide Bisnis Makanan Tradisional Indonesia Populer dan Menjanjikan, Apa Saja?

Sebagai orang Indonesia kamu pasti setuju kalau makanan khas negeri sendiri punya ciri khas yang unik? Tentu saja karena rempah yang digunakan beragam sehingga punya cita rasa yang kuat. Lidah orang Indonesia sendiri menyukai makanan dengan rempah yang kuat, biasanya cita rasa seperti ini terdapat pada makanan tradisional.

Maka tak heran jika bisnis makanan tradisional jadi salah satu pilihan untuk para pebisnis pemula. Peluang bisnis makanan tradisional bisa dibilang masih menjanjikan dan relevan sampai sekarang. Tertarik untuk mencoba bisnis makanan tradisional? Simak ulasan mengenai peluang, rekomendasi ide makanan tradisional, dan tips memulainya berikut ini.

 

Peluang Bisnis Makanan Tradisional Indonesia

Pelaku bisnis pemula terkadang kebingungan apabila baru terjun ke dunia bisnis untuk yang pertama kali. Ada keberagaman jenis bisnis ini membuat para pemula bingung menentukan mana yang paling tepat. Padahal ada satu bisnis yang pasarnya akan selalu ada yakni bisnis makanan tradisional.

Peluangnya sangat menjanjikan, tentu saja karena makanan tradisional sering memiliki daya tarik yang kuat di kalangan konsumen yang mencari rasa otentik dan pengalaman kuliner yang unik. Peminatnya yang besar ini membuat makanan tradisional cocok dijual di manapun, mulai dari wilayah perkotaan hingga pedesaan.

Terlebih lagi tak semua orang mampu menjangkau jenis makanan tradisional tertentu karena tempatnya yang terbilang jauh. Maka membuka usaha ini bisa jadi pilihan terbaik apabila kamu ingin berbisnis untuk pertama kalinya. Berikut ini beberapa alasan mengapa makanan tradisional bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan.

1. Adanya Permintaan yang Konsisten

Sebagai orang Indonesia pasti punya lidah yang cenderung lebih familiar dengan masakan negeri sendiri. Terlebih lagi karena mereka dibesarkan dengan lebih dahulu mengenal makanan-makanan tersebut. Maka tak heran setelah dewasa mereka akan tetap cocok dengan makanan tradisional karena punya cita rasa yang khas dibandingkan jenis makanan lainnya.

Ini bisa jadi peluang yang menarik buat kamu yang tertarik menjadikannya ide bisnis. Akan tetap ada konsumen lokal yang mencari makanan tradisional untuk menghubungkan mereka dengan budaya asalnya. Selanjutnya yang tak kalah penting adalah wisata kuliner yang membuat orang tertarik dengan makanan dari daerah lain.

2. Makanan Tradisional Punya Keunikan Tersendiri

Setiap makanan pasti punya keunikan tersendiri, salah satunya adalah makanan tradisional. Di mana jenis makanan ini punya resep dan teknik memasak yang berbeda dari lainnya. Ini merupakan keunggulan yang membuat sebagai peluang bisnis. Contohnya saja rendang yang dimasak dengan api kecil dalam waktu 4-5 jam.

Tak semua orang punya waktu atau mampu melakukan teknik memasak seperti ini. Sehingga mereka lebih memilih untuk membeli saja daripada harus membuatnya sendiri. Untuk menambahkan nilai pada produk, kamu bisa menambahkan marketing dengan story telling  yang unik mengenai latar belakang makanan tersebut.

3. Jangkauan Kemitraan yang Menjanjikan

Saat ini banyak restoran yang tertarik bekerja sama dengan pemilik bisnis makanan tradisional. Ini bisa jadi peluang kemitraan yang menggiurkan, apalagi untuk restoran besar yang sudah punya banyak cabang dan konsumen setia. Bisnis akan semakin berkembang dengan kerja sama seperti ini.

Selain kemitraan dengan restoran, pebisnis makanan tradisional juga dapat berpartisipasi dalam acara makanan atau festival budaya. Hal ini ditujukan untuk memperkenalkan produk kepada jangkauan pasar yang lebih luas. Dengan mengikuti acara seperti ini maka membuka peluang untuk bekerja sama dengan banyak pihak pula.

4. Model Bisnisnya Beragam

Saat ini pelaku bisnis tak perlu khawatir mengenai model bisnis karena ada beragam jenis yang dapat dipilih. Apalagi untuk bisnis makanan tradisional, di mana jenis penjualan dapat disesuaikan dengan selera dan pasar dari pemiliknya. Misalnya dengan membuka restoran, kedai, atau penjualan online.

Adanya model bisnis yang beragam ini membuat pelaku usaha lebih fleksibel dalam menjalankannya. Setiap model bisnis punya kelebihan masing-masing. Kita ambil contoh pemasaran secara online, pelaku bisnis tak perlu membuka restoran atau kedai karena cukup memasarkannya secara daring saja.

5. Dapat Melakukan Inovasi Terhadap Produknya

Menjalankan bisnis makanan tradisional bukan berarti harus dilakukan dengan cara yang jadul pula. Sekarang sudah banyak inovasi yang berkaitan dengan bisnis satu ini. Misalnya mengembangkan dengan inovasi dalam bentuk makanan siap saji yang konsumen dapat menjadikannya stok di rumah.

Selain itu, pelaku bisnis juga dapat menyediakan makanan tradisional untuk kalangan tertentu. Misalnya mereka yang memilih makanan sehat untuk diet atau program kesehatan lainnya.

Rekomendasi Ide Bisnis Makanan Tradisional Indonesia

Apabila kamu ingin mencoba berbisnis makanan tradisional, maka ada banyak pilihan jenis makanan yang bisa dicoba. Berikut ini rekomendasi contoh makanan tradisional yang bisa jadi ide bisnis.

1. Kue Serabi

Makanan tradisional pertama ada kue serabi yang banyak ditemui sebagai camilan yang nikmat. Bentuk dari makanan satu ini mirip dengan pancake tapi punya tekstur yang lebih lembut dan kenyal. Serabi terbuat dari campuran beras, santan, dan ragi dengan berbagai varian topping atau isian yang berbeda-beda di setiap daerahnya.

Rasa dari serabi sendiri sedikit manis dengan sentuhan gurih dari santan. Ini bisa jadi camilan atau hidangan penutup yang memuaskan. Apalagi jika dikombinasikan dengan beragam rasa dari topping yang ada di dalamnya.

2. Pempek

Siapa yang tidak tahu pempek? Ini merupakan makanan khas dari Palembang, Sumatera Selatan. Makanan ini terbuat dari ikan tenggiri yang digiling halus dan dicampur dengan tepung sagu. Pempek memiliki berbagai bentuk seperti lenjer, kapal selam, pistel, hingga adaan.

Cara penyajian pempek dengan kuah cuko, yaitu saus asam pedas yang terbuat dari gula merah, cuka, cabai, dan bawang putih. Ini merupakan salah satu bisnis makanan tradisional yang punya banyak konsumen, tentu saja karena rasanya ikan tenggiri yang nikmat dan kuah menyegarkan.

3. Cilok Bandung

Cilok menjadi salah satu camilan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Makanan khas Bandung ini terbuat dari tepung aci, maka dari itu dinamakan “cilok” yang merupakan singkatan “aci dicolok”. Adonan aci akan dibentuk bulat kecil-kecil, direbus, dan penyajiannya dengan berbagai jenis saus dan sambal.

Cilok Bandung dikenal dengan teksturnya yang kenyal, lembut, dan bumbunya yang bervariasi. Selain itu beberapa cilok divariasikan dengan isian seperti daging cincang, keju mozarella, hingga telur. Biasanya, cilok dijual di kaki lima atau pasar malam dan sering dijadikan camilan ringan atau makanan jalanan yang praktis.

4. Sate Madura

Indonesia memiliki berbagai olahan daging, di antaranya ada sate dan salah satu yang paling terkenal adalah Sate Madura. Makanan ini terkenal dengan bumbu kacangnya yang khas dan rasanya juga lezat. Bahan utama dari Sate Madura adalah potongan daging ayam, sapi, atau kambing yang cara pengolahannya dengan dibakar.

Sate Madura bisa ditemukan di banyak tempat di Indonesia, baik di warung kaki lima, restoran, maupun dalam acara keluarga. Rasanya yang khas dan bumbu kacangnya yang menggugah selera membuatnya jadi hidangan yang disukai banyak orang.

5. Gado-gado

Jika bangsa Romawi kuno punya salad, maka Indonesia juga punya gado-gado. Sama seperti salad, bahan utama gado-gado terbuat dari sayuran segar tapi divariasikan juga dengan bumbu kacang dan pelengkap lainnya. Bahan pelengkap gado-gado seperti telur rebus, kerupuk, dan bawang goreng.

Gado-gado jadi salah satu hidangan khas Indonesia yang populer dan banyak disukai. Nama "gado-gado" berarti "campur-campur" dalam bahasa Indonesia, mencerminkan cara penyajiannya yang terdiri dari berbagai jenis sayuran dan bahan lainnya yang dicampur bersama.

6. Seblak

Selain cilok, Bandung juga punya makanan khas lainnya yakni seblak. Eksistensi seblak ini tak perlu diragukan lagi, apalagi bagi kaum wanita yang menggilai makanan pedas satu ini. Seblak bisa jadi peluang bisnis makanan tradisional yang menjanjikan. Kini banyak usaha rumahan yang menjadikan seblak sebagai salah satu menu di dalamnya.

Seblak merupakan hidangan yang menggunakan kerupuk sebagai bahan dasar, dan kemudian dimasak dengan bumbu-bumbu yang kuat dan beragam. Makanan ini juga fleksibel karena rasa maupun bumbunya dapat disesuaikan dengan selera. Rasanya yang pedas dan gurih membuat seblak jadi hidangan favorit di kala cuaca dingin.

7. Makanan Khas Manado

Selain terkenal dengan pariwisatanya yang indah yakni Taman Laut Bunaken, Manado juga punya berbagai makanan tradisionalnya. Makanan khas Manado terkenal dengan rasa yang pedas dan bumbu yang kaya. Sebagaimana makanan khas Indonesia, rasanya juga kaya rempah yang membuatnya makin nikmat.

Beberapa makanan tradisional Manado seperti tinutuan (bubur Manado), cakalang fufu, ikan bakar Manado, sambal dabu-dabu, hingga sayur rante. Masing-masing makanan ini punya bumbu khas yang membuatnya jadi favorit orang Indonesia.

8. Pecel Madiun

Pecel Madiun adalah hidangan yang segar, sehat, dan lezat. Rasanya yang khas dan bumbu kacangnya yang kaya membuatnya menjadi salah satu pilihan makan yang disukai banyak orang. Bahkan makanan ini jadi hidangan khas untuk sarapan yang makin nikmat jika dimakan dengan tempe hangat dan gorengan lainnya.

Salah satu yang membuat pecel Madiun nikmat adalah bumbu kacangnya. Bumbunya memiliki rasa yang khas dan berbeda dari bumbu pecel di daerah lain. Bahannya terbuat dari kacang tanah yang digiling halus dan dicampur dengan kacang tanah goreng, gula merah, kecap manis, bawang putih, bawang merah, cabai, dan asam jawa. Rasanya manis, gurih, dan sedikit pedas, dan seringkali memiliki tekstur yang agak kasar.

9. Bakpia

Indonesia memiliki kue tradisional yang popularitasnya tak perlu diragukan lagi, kue ini adalah bakpia yang berasal dari Yogyakarta. Bakpia terdiri dari isian yang manis di dalamnya dan kulit luar yang lembut. Kue ini biasanya berbentuk bulat atau oval dan memiliki berbagai variasi rasa.

Bakpia kerap dinikmati sebagai camilan atau dijadikan oleh-oleh. Kue ini dapat disajikan dalam keadaan hangat atau pada suhu ruangan. Rasa bakpia yang lembut dan manis membuatnya jadi favorit orang Indonesia, di mana kehadirannya sebagai makanan penutup membuatnya makin nikmat.

10. Restoran Padang

Restoran Padang adalah tempat makan yang khusus menyajikan masakan khas dari Sumatera Barat. Restoran ini dikenal dengan konsep penyajian makanan yang unik, yaitu menawarkan berbagai lauk-pauk dalam bentuk prasmanan. Masakan Padang jadi favorit karena rasanya pedas dan kaya rempah.

Beberapa masakan Padang yang jadi favorit banyak orang adalah rendang, sate padang, gulai, ayam pop, dendeng balado, hingga nasi Padang. Dalam satu porsi masakan Padang, terdapat beberapa lauk yang nantinya disiram dengan kuah khas.

Tips Memulai dan Menjalankan Bisnis Makanan Tradisional

Makanan tradisional bisa jadi salah satu pilihan bisnis yang menjanjikan, berikut ini beberapa tips untuk memulainya.

1. Melakukan Riset Pemasaran

Langkah awal dalam memulai bisnis adalah melakukan riset pemasaran, hal ini ditujukan untuk mempelajari dan mengenali siapa yang akan membeli produk kita. Konsumen ini bisa berasal dari orang lokal, pendatang, atau wisatawan. Selain itu, melakukan riset juga bentuk pengenalan terhadap kompetitor yang punya jenis bisnis sama.

2. Merencanakan Menu

Sebagai pelaku bisnis makanan maka pemilihan menu yang sesuai wajib dilakukan. Kamu dapat fokus pada beberapa jenis makanan tradisional yang menjadi andalan, pastikan juga mempertahankan kualitas untuk memberikan kepuasan pada konsumen.

3. Menemukan Lokasi Pemasaran yang Strategis

Setelah mengenali target pasar dan menu yang akan dijual, langkah selanjutnya adalah menentukan lokasi berjualan yang strategis. Sesuaikan dengan jenis makanan, di mana penjualan dapat dilakukan dengan membuka restoran, food truck, atau hanya berjualan dari rumah. Pastikan lokasinya mudah diakses oleh pembeli nantinya.

4. Merencanakan Strategi Pemasaran

Di era digital ini, pemasaran tak hanya terbatas pada media tertentu. Pelaku bisnis dapat mengiklankan melalui pemasaran online yang jangkauannya lebih luas daripada offline. Buatlah branding yang unik untuk menarik minat calon pelanggan.

 

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Strategi Pemasaran 4P dan Perkembangannya

 

5. Melakukan Adaptasi dan Inovasi

Persaingan di dunia bisnis semakin ketat, maka dari itu sebagai pendatang baru perlu beradaptasi dan punya inovasi di dalamnya. Di mana inovasi dapat berupa variasi menu hingga tawaran-tawaran menarik berupa promo. Sesuaikan dengan minat dari target pasar kamu.

 

Demikian ulasan mengenai bisnis makanan tradisional yang terdiri dari peluang, rekomendasi, dan tips menjalankannya. Sebagai pelaku usaha pastikan untuk selalu memberikan yang terbaik kepada pelanggan. Jangan ragu juga untuk berinovasi agar tetap eksis di tengah persaingan bisnis yang ada.

Jika Anda membutuhkan dana tambahan untuk modal usaha, Anda dapat mengajukan pembiayaan dengan jaminan melalui BFI Finance. BFI Finance melayani pembiayaan dengan jaminan BPKB Kendaraan dan Sertifikat Rumah. Nikmati pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan proses pengajuan yang cepat. BFI Finance resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan telah melayani lebih dari 2 Juta pelanggan dari seluruh Indonesia. #SelaluAdaJalan bersama BFI Finance.

 

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis