Bisnis

7+ Manfaat Kewirausahaan untuk Diri Sendiri dan Orang Lain

Admin BFI
13 August 2024
76
7+ Manfaat Kewirausahaan untuk Diri Sendiri dan Orang Lain

Manfaat kewirausahaan tak hanya bisa dirasakan oleh diri sendiri, tetapi bagi orang lain di sekitar. Sebagai seorang wirausahawan, Anda akan menjalankan bisnis sendiri. Dengan kata lain, Anda akan berperan sebagai bos dari usaha yang telah dibangun tersebut.

Tentu saja, berkarir sebagai wirausahawan akan memperoleh banyak sekali manfaat. Salah satunya mendapatkan penghasilan tinggi hingga membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Sebelum mulai membahas apa saja manfaatnya, yuk ketahui dulu definisi kewirausahawan di bawah ini.

 

 

1. Definisi Kewirausahaan

Kewirausahaan merupakan suatu kegiatan membangun usaha atau bisnis, baik itu dalam bentuk jasa maupun produk. Proses pembuatan produk maupun jasa dilakukan melalui proses kreatif dan inovatif supaya usaha yang Anda buat dapat berguna dan mampu menjadi solusi bagi masyarakat atau konsumen.

Ada beberapa definisi kewirausahaan menurut para ahli, yaitu:

1.1 Joko Untoro

Joko Untoro menyatakan bahwa kewirausahaan merupakan keberanian yang telah dimiliki seseorang untuk melakukan berbagai upaya supaya dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Seseorang ini akan berusaha mengoptimalkan kemampuannya serta memanfaatkan potensi yang dimiliki supaya dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri serta orang lain.

1.2 Eddy Soeryanti Soegoto

Definisi kewirausahaan menurut Eddy Soeryanti Soegoto ialah suatu usaha kreatif yang dilakukan seseorang berdasarkan inovasi supaya mampu menciptakan produk atau jasa berbeda dari yang sudah ada.

Produk atau jasa yang dibangun diharapkan mampu memberikan nilai tambah, bermanfaat, serta membuka peluang lapangan pekerjaan untuk orang lain.

1.3 Rumelt

Rumelt menyatakan bahwa kewirausahaan adalah proses menciptakan bisnis baru dengan unsur pembaharuan dari bisnis yang sudah ada.

1.4 Schumpeter

Arti kewirausahaan menurut Schumpeter adalah melakukan hal-hal baru yang telah dilakukan dengan cara terbaru. Mulai dari pengenalan barang, metode produksi, pembukaan pasar hingga sumber pasokan, semuanya dilakukan dengan cara baru.

1.5 Ahmad Sanusi

Menurut Ahmad Sanusi, kewirausahaan adalah suatu nilai yang terwujud dari berbagai tindakan untuk dijadikan sebagai sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, strategi, proses serta hasil bisnis.

Sebagai seorang wirausahawan, Anda harus memiliki beberapa sifat yang berguna untuk membangun usaha, seperti kreatif dan inovatif, memiliki komitmen tinggi, jujur, disiplin dan mandiri.

2. Manfaat Kewirausahaan Bagi Diri Sendiri

Berikut beberapa manfaat kewirausahaan yang berguna untuk diri sendiri, yaitu:

2.1 Mendapatkan Kebebasan Finansial

Manfaat kewirausahaan bagi diri sendiri pertama adalah Anda akan meningkatkan kesempatan dalam memperoleh financial freedom atau kebebasan finansial. Sebab, seorang wirausahawan memiliki kontrol penuh terhadap pendapatannya tanpa ada batasan gaji atau keuntungan tertentu.

Sehingga, berwirausaha cocok untuk Anda yang ingin memperoleh finansial tanpa batas secara fleksibel.

2.2 Berpotensi Mendapatkan Penghasilan yang Tinggi

Memulai usaha sebagai wirausahawan tentu membutuhkan modal tinggi dengan risiko mudah kehilangan aset hingga bangkrut. Namun, jika Anda mampu membuat strategi secara tepat supaya bisnis berjalan dengan baik, maka potensi mendapatkan penghasilan tinggi pun akan Anda dapatkan.

Kuncinya, pastikan untuk selalu membuat strategi serta target pasar yang tepat terkait usaha yang sedang Anda kelola. Dengan begitu, para calon konsumen pun akan berdatangan setiap hari untuk membeli produk atau jasa yang Anda buat.

2.3 Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi

Saat memulai usaha, Anda membutuhkan ide-ide kreatif serta inovasi tinggi supaya dapat menciptakan suatu produk atau jasa yang menarik perhatian pasar. Tentunya, sebagai pemilik bisnis, Anda bebas berkreasi dan berinovasi untuk menciptakan produk yang mampu menjadi solusi bagi masyarakat luas.

Ketika terbiasa berpikir untuk menciptakan produk anti mainstream, maka daya kreativitas dan inovasi Anda semakin meningkat.

Ingatlah bahwa kesuksesan usaha bergantung pada seberapa maksimal dan optimalnya Anda saat menerapkan ide. Jadi, pastikan untuk meluangkan waktu agar bisa melakukan brainstrom bersama tim, ya. Tujuannya agar mampu menciptakan terobosan baru supaya usaha tetap sukses di tengah persaingan bisnis yang begitu sengit.

2.4 Meningkatkan Kemampuan Kepemimpinan

Berwirausaha akan membantu meningkatkan kemampuan kepemimpian karena Anda adalah pemilik dari bisnis itu sendiri. Walaupun ada beberapa pegawai yang turut serta membantu, tetapi beberapa hal seperti manajemen karyawan, pengelolaan modal awal dan lainnya menjadi tanggung jawab diri sendiri.

Dengan membangun bisnis dari nol, sudah pasti Anda akan memiliki jiwa kepemimpian serta mental yang kuat.

2.5 Meningkatkan Kepercayaan Diri

Manfaat kewirausahaan berikutnya adalah mampu meningkatkan kepercayaan diri yang Anda miliki. Sebab, Anda mesti berkomunikasi dan berbicara di depan umum terkait produk atau jasa yang ingin ditawarkan kepada target konsumen.

Kebiasaan berbicara dengan banyak orang akan meningkatkan kepercayaan diri. Apalagi jika produk atau jasa yang Anda tawarkan semakin laku di pasaran, sudah pasti Anda akan semakin yakin dengan kemampuan yang dimiliki.

2.6 Mendapatkan Networking yang Luas

Siapa bilang menjadi seorang wirausahawan berarti Anda hanya bekerja sendiri tanpa bantuan orang lain?

Justru wirausahawan akan bertemu banyak orang, sehingga membuka kesempatan bagi Anda untuk memperoleh networking luas. Tatkala bisnis mulai berkembang, Anda akan bertemu dengan berbagai orang-orang penting, seperti investor, sesama pemilik bisnis hingga berkomunikasi dengan aparatur pemerintahan.

Dengan adanya networking yang luas, bisnis yang Anda kelola akan semakin maju pesat. Sebab, orang-orang yang Anda temui akan memberikan banyak ilmu berguna dan tak boleh Anda sia-siakan.

2.7 Meningkatkan Pengalaman dan Pembelajaran

Berwirausaha akan meningkatkan pengalaman serta pembelajaran. Anda bisa belajar dari kesalahan strategi bisnis dan mengoreksinya menjadi lebih baik lagi. Selain itu, keterampilan yang terus Anda asah menciptakan pengalaman berguna yang dapat Anda bagikan kepada para pebisnis lain.

2.8 Waktu Kerja Fleksibel

Ketika bekerja menjadi seorang wirausaha, Anda tidak akan terikat waktu seperti pekerja kantoran yang harus bekerja dari pukul 09.00 sampai 17.00. Anda bebas menggunakan waktu yang ada untuk mengembangkan bisnis supaya semakin dikenal oleh konsumen luas.

Meski begitu, Anda tetap harus memiliki manajemen waktu yang baik supaya dapat memastikan seberapa efektif progres berwirausaha yang Anda lakukan.

Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk riset pasar dan menganalisis kompetitor supaya dapat mengidentifikasi kelebihan serta kekurangan bisnis Anda.

Manfaat kewirausahaan bagi diri sendiri dan orang lain

Image Source: Freepik

3. Manfaat Kewirausahaan Bagi Orang Lain

Selain untuk diri sendiri, manfaat kewirausahaan juga berguna bagi orang lain, diantaranya:

3.1 Membuka Lapangan Pekerjaan Baru

Ketika bisnis semakin besar, Anda pasti membutuhkan karyawan yang lebih banyak lagi, ‘kan? Berwirausaha akan membuat Anda membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Secara tak langsung, Anda sudah berkontribusi dalam ekonomi negara karena ikut serta memberantas angka pengangguran.

Dengan begitu, kedua belah pihak akan merasakan manfaatnya, yaitu Anda mendapatkan pegawai kompeten, sementara calon pegawai Anda memperoleh pekerjaan yang mereka inginkan.

3.2 Menggerakan Roda Perekonomian Negara (Pertumbuhan Ekonomi)

Seorang wirausahawan memiliki peranan penting dalam menggerakan roda perekonomian negara melalui berbagai cara. Mulai dari menciptakan produk dan jasa baru untuk meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) negara, meningkatkan pembayaran pajak, serta menarik para investor asing untuk berinvestasi dalam negeri.

3.3 Menumbuhkan Dampak Sosial yang Positif

Selain itu, manfaat kewirausahaan bagi orang lain adalah mampu menumbuhkan dampak sosial yang positif. Salah satunya mengurangi pengangguran yang terjadi di kalangan masyarakat. Sehingga, masyarakat yang awalnya menganggur akan mendapatkan penghasilan setiap bulannya.

Dengan begitu, Anda dapat berkontribusi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat serta membuat kualitas hidup mereka menjadi lebih baik. Bahkan, mampu melestarikan budaya lokal dengan menciptakan serta menjual produk asli buatan lokal.

 

4. Tips Berwirausaha Sukses

Apabila Anda tertarik menjadi seorang wirausahawan, maka bisa ikuti beberapa tips sukses berikut.

4.1 Temukan Ide Bisnis yang Tepat

Tips berwirausaha sukses pertama adalah menemukan ide bisnis yang tepat sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. Cari tahu apa yang Anda sukai dan kuasai supaya nantinya dapat mengembangkan bisnis lebih semangat. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan peluang kesuksesan berwirausaha dengan risiko cukup minim.

Ingat, tak perlu terburu-buru dalam menemukan ide bisnis yang tepat. Luangkan waktu Anda untuk melakukan berbagai macam penelitian serta evaluasi mendalam. Selain itu, pastikan untuk fokus terhadap satu bisnis terlebih dahulu dan pelajari secara detail.

Adapun contoh ide bisnis yang dapat Anda mulai dari nol, yaitu bisnis makanan ringan, produk handmade hingga jasa bersih-bersih rumah.

4.2 Rencanakan Strategi Bisnis yang Komprehensif

Apabila ingin menjadi seorang wirausahawan sukses, pastikan Anda mulai merencanakan strategi bisnis secara komprehensif.

Buatlah visi dan misi yang jelas, misalnya apa yang ingin dicapai dengan usaha Anda, apa yang membedakan bisnis Anda dengan pesaing dan lainnya.

Kemudian, tentukan target pasar yang ingin Anda tuju untuk menjual produk atau jasa. Pastikan produk atau jasa yang Anda miliki dapat sesuai dengan kebutuhan dan menjadi solusi bagi para calon konsumen yang sudah ditargetkan.

Lalu, kembangkan rencana bisnis secara detail, mulai dari analisis pasar, strategi pemasaran, rencana operasi hingga proyeksi keuangan.

Terakhir, Anda dapat menggunakan alat serta sumber daya tersedia untuk mulai mengembangkan strategi bisnis tersebut.

4.3 Memiliki Modal yang Cukup

Jika Anda sudah menemukan ide bisnis dan merencanakan strategi yang komprehensif, selanjutnya mulai menyiapkan modal untuk menjalankan usaha tersebut.

Karena baru memulai bisnis dari kecil, Anda bisa menggunakan modal secukupnya saja, baik itu dari tabungan, pinjaman bank atau perusahaan pembiayaan, koperasi, investor potensial dan lainnya.

Namun, pastikan selalu berhati-hati terkait penentuan sumber dana untuk modal, ya.  Soalnya, hal ini dapat berakibat fatal kalau Anda tidak memikirkannya dengan baik, terutama jika melibatkan orang lain alias pihak luar.

Apabila Anda memutuskan untuk bekerjasama dengan orang lain yang memiliki modal, pastikan membuat perjanjian tertulis bermaterai serta saksi. Sekiranya Anda belum siap dengan modal dari pihak luar, maka bisa memulai bisnis tanpa modal terlebih dulu, seperti bisnis dropship, program afiliasi serta membuka jasa titip.

4.4 Miliki Tim yang Solid dan Handal

Tips berwirausaha sukses berikutnya adalah pastikan memiliki tim yang solid dan handal. Rekrutlah orang-orang yang memiliki kemampuan sesuai dengan yang Anda butuhkan dan bersedia untuk bersama-sama mencapai tujuan perusahaan.

Tim yang solid dan bisa diandalkan menjadi bagian penting dalam kesuksesan bisnis. Pastikan Anda mendapatkan seseorang yang mampu meningkatkan penjualan serta membuat proses penjualan menjadi efisien.

4.5 Gunakan Strategi Pemasaran yang Tepat

Supaya berhasil menjadi wirausahawan sukses, Anda harus menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Lakukan penelitian pasar untuk mencari tahu apa saja kebutuhan dan keinginan calon konsumen serta bagaimana cara mereka melakukan keputusan pembelian.

Jika sudah mengetahui apa yang diinginkan calon konsumen, selanjutnya lakukan pemasaran dan promosi menggunakan media yang tepat. Saat ini, pemasaran produk dan jasa secara online menjadi pilihan banyak pebisnis. Anda bisa menggunakan media sosial, iklan online, email marketing dan lainnya.

Nah, saat sedang melakukan promosi secara online, pastikan membuat copywriting menarik supaya target konsumen tertarik untuk melakukan pembelian.

Selanjutnya, strategi marketing yang tidak boleh Anda lewatkan adalah membangun relasi dengan para pelanggan. Anda dapat berinteraksi secara ramah dengan para pelanggan melalui media sosial, meminta kritik dan saran terkait produk yang Anda tawarkan dan lainnya.

Bangun hubungan atau relasi yang baik bersama para pelanggan supaya mereka puas dan berkeinginan untuk kembali membeli produk hanya di tempat Anda nantinya.

 

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Strategi Pemasaran 4P dan Perkembangannya

 

4.6 Lakukan Inovasi

Perkembangan pasar terasa begitu cepat membuat Anda harus selalu melakukan inovasi mengikuti perubahan zaman. Teruslah belajar dan berkembang supaya dapat mengikuti tren terbaru serta menemukan cara baru untuk meningkatkan bisnis Anda.

Selain itu, pastikan untuk selalu berpikir kreatif dan mencoba tantangan baru untuk menumbuhkan pengalaman bermanfaat bagi perkembangan bisnis. Anda juga harus bisa beradaptasi dengan perubahan supaya tidak ketinggalan dengan pebisnis lainnya, ya.

Dengan begitu, bisnis yang Anda kelola selalu up to date dan memberikan produk sesuai dengan permintaan konsumen serta perkembangan zaman. Melalui produk terbaru, konsumen pun mulai tertarik untuk mencoba membeli supaya tetap eksis dan tidak ketinggalan zaman.

4.7 Bangun Relasi yang Kuat

Membangun relasi yang kuat menjadi salah satu tips untuk bisa menjadi seorang wirausahawan sukses. Tak hanya bertemu atau mencari relasi secara langsung, Anda juga dapat memanfaatkan media sosial online, seperti LinkedIn.

Mulai percakapan dengan orang baru dan membangun relasi bersama mereka. Anda dapat menawarkan produk atau jasa yang Anda miliki, walaupun canggung pada awalnya, tetapi bukan berarti Anda tidak mencobanya, bukan?

Selain itu, pastikan Anda menjaga relasi atau hubungan kerja jangka panjang bersama pebisnis, investor, pemilik modal ventura maupun perbankan. Dengan hubungan yang baik, Anda tidak akan kesulitan soal masalah keuangan karena dapat bekerjasama dengan pihak-pihak penting tersebut.

4.8 Mulai dari Bisnis yang Kecil

Memulai dari bisnis yang kecil membantu Anda untuk mempelajari dunia bisnis terlebih dahulu. Walaupun berawal dari bisnis kecil, Anda tetap membutuhkan strategi supaya dapat mengembangkan bisnis tersebut.

Susun strategi untuk menawarkan produk dan jasa, lalu bangun relasi dari para pelanggan setia. Pertumbuhan dan perkembangan bisnis akan berawal dari sini, dimana Anda memulainya dari strategi kecil yang memiliki dampak besar.

4.9 Jangan Menyerah dan Terus Berusaha

Dalam dunia bisnis, akan selalu ada risiko dan tantangan yang mesti Anda hadapi. Meski begitu, Anda tidak boleh mudah menyerah dan teruslah berusaha untuk memberikan yang terbaik, baik itu bagi bisnis maupun para pelanggan setia.

Jika Anda pantang menyerah dan tetap gigih untuk mencapai tujuan, maka bisnis pasti akan berkembang dan memberikan hasil yang baik untuk Anda.

Demikian informasi seputar manfaat kewirausahaan bagi diri sendiri dan orang lain yang bisa Anda ketahui. Berwirausaha memang menjadi pilihan tepat untuk memperoleh penghasilan tinggi serta membantu masyarakat mendapatkan pekerjaan. Meski begitu, pastikan Anda memiliki strategi pemasaran yang tepat serta modal sesuai dengan bisnis yang akan dibangun, ya.

---

Jika Anda tertarik untuk terjun berwirausaha, tetapi masih terkendala dengan modal usaha, Anda dapat mengajukan pembiayaan modal usaha melalui BFI Finance. Anda hanya menjaminkan BPKB Motor, Mobil, atau Sertifikat Rumah, kemudian mendapatkan pencairan dana sesuai dengan kebutuhan Anda. Nikmat suku bunga yang kompetitif dan tenor pembiayaan yang panjang. Tidak perlu ragu, karena BFI Finance telah melayani lebih dari 2 Juta pelanggan dari seluruh Indonesia. #SelaluAdaJalan bersama BFI Finance.

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis