Informasi Umum

25+ Ide Lomba 17 Agustus Menarik Paling Seru, Pasti Meriah!

Admin BFI
1 August 2024
37072
25+ Ide Lomba 17 Agustus Menarik Paling Seru, Pasti Meriah!

Lomba 17 Agustus merupakan perayaan yang selalu digelar untuk memeriahkan HUT RI. Ada berbagai macam kategori lomba menarik yang dapat diikuti, mulai dari lomba untuk anak-anak, pemuda pemudi, ibu-ibu, bapak-bapak, hingga lomba di tempat kerja, lho.

Nah, bagi Anda yang sedang mempersiapkan perlombaan untuk menyambut hari kemerdekaan, yuk cek ide lomba di bawah ini.

 

 

25+ Contoh Ide Lomba 17 Agustus Paling Seru dan Meriah

Berikut ada beberapa ide lomba 17 Agustus paling seru, lucu dan meriah yang bisa Anda ikuti, yaitu:

1. Lomba Makan Kerupuk

Lomba makan kerupuk menjadi salah satu lomba yang sering hadir saat 17 Agustus. Aturan lombanya sederhana dan dapat diikuti oleh semua orang dari segala umur dan jenis kelamin.

Bahan yang dibutuhkan berupa kerupuk putih dan tali untuk menggantung kerupuk tersebut. Peserta harus memakan kerupuk yang tergantung sampai habis, tanpa menggunakan tangan. Adapun kemenangan akan ditentukan dari peserta pertama yang menghabiskan kerupuk tersebut.

2. Panjat Pinang

Panjat pinang merupakan perlombaan tradisional dan ikonik yang selalu hadir saat menyambut HUT RI.

Lomba ini dilakukan dengan cara memanjat pohon pinang maupun pohon lainnya yang sudah diberi cairan pelicin. Peserta akan berlomba-lomba untuk mencapai puncak, lalu memperebutkan hadiah-hadiah yang digantungkan paling atas.

3. Balap Karung

Lomba 17 Agustus terpopuler dan tak pernah absen untuk diikutsertakan adalah balap karung. Perlombaan ini dapat diikuti oleh semua jenjang usia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Para peserta harus memasukkan kedua kakinya ke dalam karung atau sarung bantal yang mencapai pinggang maupun leher. Lalu, peserta yang mengikuti lomba harus melompat-lompat dari garis start sampai finish. Siapapun peserta yang berhasil mencapai finish pertama, maka dialah pemenangnya.

4. Balap Bakiak

Biasanya, lomba balap bakiak akan diikuti oleh tiga orang atau lebih dengan cara berjalan di atas papan kayu yang memiliki panjang 1 meter, lebar 9 cm dan tebal 3 cm. Papan yang digunakan ini akan diberikan pengait untuk kaki agar tetap seimbang dan menggunakan papan dengan nyaman.

Saat memainkannya, para anggota tim mesti bekerjasama dan kompak saat melangkah supaya tidak mudah jatuh. Kalau tidak bisa kompak, maka peserta akan susah melangkah hingga terjatuh.

Oleh karena itu, jika ingin mengikuti perlombaan balap bakiak, pastikan memiliki koordinasi tim yang kompak dan dapat bekerjasama dengan baik, ya.

5. Joget Balon

Tak hanya seru dan meriah, lomba joget balon seringkali mengundang gelak tawa para penonton.

Biasanya, akan ada beberapa tim yang terdiri dari dua orang per tim untuk mengikuti perlombaan joget balon. Setiap tim harus meletakkan balon di dada atau kening sambil menari mengikuti irama musik.

Pemenang yang memenangkan lomba ini adalah tim yang berhasil tidak menjatuhkan balon saat sedang menari selama musik dimainkan.

6. Tarik Tambang

Ide lomba 17 Agustus ikonik selanjutnya adalah tarik tambang yang dimainkan secara beregu oleh 2 tim.

Alat yang digunakan untuk tarik tambang adalah sebuah tambang dengan panjang 30 - 50 meter. Bagian tengah tali akan diberi tanda merah atau kain, dimana pembatas setiap tim dari batas tengah itu sekitar 2,5 meter.

Nah, cara memainkannya cukup menarik tambang sekuat tenaga supaya tali yang dipegang tim lawan bisa melewati batas wilayah. Lomba ini membutuhkan tenaga besar, cengkeram tangan yang kuat serta kerjasama tim yang baik.

7. Balap kelereng

Jika Anda sedang mencari lomba 17 Agustus untuk anak-anak, maka perlombaan balap kelereng ini bisa menjadi rekomendasi menarik.

Cukup sediakan sendok, kelereng dan ember atau gelas untuk wadahnya. Lalu, para peserta akan menggigit sendok yang berisi satu kelereng dan berjalan cepat setengah lari sambil menjaga kelereng agar tidak jatuh. Kalau kelereng terjatuh di tengah jalan, peserta harus balik kembali ke garis start dan berjalan kembali.

Penentuan kemenangan lomba ini dapat dilihat dari jumlah kelereng yang berhasil dikumpulkan dalam gelas atau ember setiap peserta.

8. Cari Koin di dalam Tepung

Lomba mencari koin di dalam tepung juga cukup menantang dan bisa menjadi ide lomba yang dapat diikutsertakan pada 17 Agustus mendatang.

Sejumlah koin akan disebarkan ke dalam wadah yang berisi tepung. Kemudian, peserta akan mencari koin menggunakan mulut tanpa bantuan tangan.

 Nah, peserta yang mendapatkan koin terbanyak akan memperoleh gelar juara. Seru sekali, ‘kan?

9. Menangkap Belut

Lomba menangkap belut akan menciptakan keseruan dan kemeriahan dari para peserta. Sebab, tubuh belut yang licin menjadikannya susah ditangkap, sehingga pasti seru jika dijadikan perlombaan nanti.

Peserta harus memindahkan belut dari wadah satu ke wadah lainnya yang masih kosong. Ketika sedang memindahkannya, pastikan belut tidak terjatuh ke tanah, ya. Untuk pemenangnya sendiri akan ditentukan dari seberapa banyak belut yang berhasil di kumpulkan.

10. Estafet Sarung

Permainan estafet sarung rupanya dapat Anda jadikan sebagai ide lomba 17 Agustus mendatang. Tak hanya membuat meriah, lomba ini juga terbilang mudah untuk diikuti, baik itu anak-anak maupun dewasa.

Permainan estafet sarung dapat dilakukan dengan cara berkelompok yang berisi 5-7 orang dari setiap timnya atau sesuai jumlah pemain yang ikut.

Untuk cara bermainnya, sarung mesti dipindahkan dari satu pemain ke pemain lainnya dengan tangan yang saling berpegangan. Saat perlombaan berlangsung, para peserta dilarang memindahkan sarung menggunakan tangan.

Kelompok yang berhasil menyelesaikan lomba lebih cepat akan keluar sebagai pemenang.

 

Baca Juga: Mudah Untuk Diterapkan, Ini Dia Tips Merdeka Finansial di Tahun 2024!

 

11. Lomba Make Up Mata Tertutup

Lomba make up mata tertutup cocok sekali digunakan saat perlombaan antar RT/RW. Biasanya, peserta yang mengikuti perlombaan ini adalah ibu-ibu. Cara memainkan lombanya adalah dengan merias wajah peserta lainnya, tapi dengan mata tertutup.

Tentunya, lomba ini pasti mengundang keseruan yang meriah sekaligus gelak tawa dari para penonton.

12. Fashion Show Tema 17 Agustus

Lomba fashion show bertemakan 17 Agustus ini cocok dilakukan di sekolah maupun kantor tempat kerja. Para peserta dapat menggunakan busana kreatif hasil ide masing-masing, lalu ditampilkan dengan cara berjalan bak seorang model.

Peserta yang memakai busana paling kreatif dan anti mainstream, maka dialah yang akan menjuarai perlombaan tersebut.

13. Tebak Gambar

Lomba 17 Agustus berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah tebak gambar. Lomba ini dapat diikuti secara berkelompok yang masing-masing beranggotakan 5-7 orang.

Setiap tim akan membentuk baris panjang ke belakang, dimana orang terdepan harus menggambar sesuatu sesuai dengan instruksi panitia. Selanjutnya, peserta kedua, ketiga dan seterusnya harus menggambar ulang dengan waktu singkat. Terakhir, orang paling belakang harus menebak gambar yang mereka buat dengan benar.

 

Ide lomba 17 agustus

Image Source: Freepik

14. Menghias Kue

Lomba menghias kue bisa menjadi ide lomba 17 Agustus karena perayaan ini dilakukan untuk menyambut hari ulang tahun Republik Indonesia sendiri.

Mulai buat kelompok dan bagi peserta sebanyak 5 orang atau sesuai jumlah peserta yang ikut. Kemudian, sediakan kue yang belum dihias, krim, permen, sprinkle dan ceri untuk menghias kuenya.

Lalu, buat aturan ketat supaya dapat membakar jiwa para peserta. Proses menghias kue ini dapat dilakukan secara estafet kepada setiap peserta dalam kelompok. Berikan waktu terbatas juga agar peserta dapat bekerjasama untuk memikirkan hiasan kue yang unik dan kreatif.

15. Lomba Memasak Hidangan Khas Indonesia

Selain menghias kue, Anda juga bisa menghadirkan lomba memasak hidangan khas Indonesia. Lomba ini dapat diikuti oleh masyarakat dalam lingkup RT/RW secara berkelompok.

Panitia harus menyiapkan peralatan yang dibutuhkan, seperti kompor lengkap dengan tabung gas terisi, panci, wajan, spatula, kuali dan lainnya. Sementara peserta dapat membawa bahan-bahan makanan yang akan dimasak sesuai dengan hidangan yang akan mereka sajikan.

Tentunya, peserta dapat memilih memasak makanan khas Indonesia dari daerah mana saja. Sistem penilaiannya akan dilihat dari tampilan makanan serta rasanya.

16. Memecahkan Balon Air

Lomba 17 Agustus yang dapat diikuti oleh peserta anak-anak selanjutya adalah memecahkan balon air.

Balon dapat diisi oleh air, lalu ikat dan gantung menggunakan tali. Para peserta dapat berdiri di bawah balon dengan mata tertutup. Selanjutnya, panitia akan memberikan kayu yang bisa digunakan untuk memecahkan balon tersebut.

Peserta yang mampu memecahkan balon secara cepat, maka ia akan menyandang status sebagai pemenangnya.

17. Sepak Bola Sarung

Bermain sepak bola sambil menggunakan sarung akan menjadi perlombaan yang unik dan meriah. Lomba ini dapat diikuti oleh bapak-bapak yang ada di komplek RT/RW.

Pemain akan terbagi ke dalam dua regu, di mana masing-masing peserta harus menggunakan sarung yang diikat pada area pinggang. Sarung yang diikatkan ini akan menyerupai ekor yang terlihat unik saat peserta sedang berlari mengejar bola. Bahkan, lomba sepak bola sarung seringkali membuat penonton tertawa dan terhibur oleh tingkat para peserta.

Untuk peraturannya sendiri masih sama seperti sepak bola pada umumnya, yaitu membawa bola ke gawang lawan. Regu yang berhasil membawa banyak gol, maka dialah pemenangnya.

18. Memasukkan Pensil atau Paku ke Dalam Botol

Ide lomba 17 Agustus lainnya yang seru dilakukan oleh semua kalangan adalah memasukkan pensil atau paku ke dalam botol.

Alat yang dibutuhkan untuk memainkan lomba ini adalah pensil atau paku, botol serta tali kasur.

Cara mainnya cukup ikatkan paku atau pensil menggunakan tali ke pinggang setiap peserta. Lalu, peserta berlari ke arah botol dan berusaha memasukkan paku atau pensil yang tergantung di pinggang tanpa menggunakan tangan.

Peserta yang berhasil dan cepat memasukan pensil atau paku akan menjadi juaranya.

19. Lomba Mewarnai Khusus Anak-anak

Lomba mewarnai bisa diikusertakan untuk anak-anak di bawah 10 tahun. Persiapan lombanya juga cukup sederhana, hanya mempersiapkan kertas dengan area gambar yang sudah tercetak.

Lalu, anak-anak akan diminta untuk mewarnai gambar tersebut dengan alat mewarnai yang sudah dibawa masing-masing peserta.

Gambar yang diwarnai dengan bagus, rapi dan indah akan menjadi pemenang perlombaan ini. Menariknya, hasil mewarnai dari peserta yang menang bisa ditampilkan dalam pameran HUT RI, lho.

20. Tebak Lagu

Lomba tebak lagu cocok dilakukan di sekolah untuk antar kelas maupun oleh karyawan di kantor.

Setiap peserta akan terbagi ke dalam beberapa tim, lalu harus menebak musik yang diperdengarkan. Kalau berhasil menebak, peserta selanjutnya akan menebak lagu berbeda sampai peserta akhir.

Tim yang berhasil menebak banyak lagu, maka bisa dinyatakan sebagai pemenangnya. Lomba ini akan memberikan keseruan bagi pemain maupun penontonnya.

21. Tebak Gerakan

Tak hanya tebak lagu, Anda juga dapat mempersiapkan lomba tebak gerakan untuk tim. Setiap tim dapat diisi oleh 5-7 anggota tergantung seberapa banyak orang yang berminat mengikuti perlombaan ini.

Cara mainnya, panitia akan memberikan sebuah objek yang mesti disampaikan dengan gerakan oleh peserta pertama. Selanjutnya, peserta kedua menyampaikan gerakan tersebut ke peserta ketiga dan seterusnya. Peserta terakhir akan bertanggung jawab untuk menjawab objek atau sesuatu dari gerakan tersebut.

22. Memindahkan Karet Menggunakan Wajah

Perlombaan selanjutnya yang bisa diikutkan dalam lomba 17 Agustus adalah memindahkan karet menggunakan wajah. Lomba ini dapat diikuti secara perorangan alias bukan tim.

Panitia akan meletakan karet di wajah peserta, lalu setiap peserta harus memindahkan karet dari atas ke bawah hanya dengan ekspresi wajah. Peserta yang berhasil memindahkan karet dengan cepat, maka akan menjadi juaranya.

Lomba memindahkan karet menggunakan wajah akan cukup menghibur para penonton, terutama saat melihat ekspresi yang dikeluarkan para peserta. Sudah pasti, penonton auto tertawa ketika melihatnya.

23. Cerdas Cermat

Selain lomba-lomba menghibur di atas, Anda juga dapat menyediakan perlombaan untuk mengasah otak, yaitu lomba cerdas cermat.

lomba 17 Agustus ini dapat diikuti secara tim atau individu tergantung kesepakatan masing-masing. Lomba cerdas cermat akan membuktikan seberapa banyak pengetahuan yang dimiliki peserta tentang Indonesia.

Supaya tidak membosankan, Anda dapat membagi lomba ke dalam beberapa babak dengan kategori pertanyaan berbeda. Mulai dari makanan khas daerah, pakaian adat, ibu kota provinsi dan masih banyak lagi.

24. Memindahkan Kacang Pakai Sumpit

Lomba memindahkan kacang pakai sumpit pasti akan membuat suasana seru dan meriah. Sebab, tiap peserta harus memindahkan kacang berukuran kecil hanya menggunakan sumpit sehingga, perlombaan ini membutuhkan skill memegang sumpit dengan baik.

Kalau tidak ada kacang, Anda juga dapat menggunakan media lain, seperti beras, jagung dan benda-benda kecil lainnya.

Peserta yang dapat mengumpulkan kacang atau media lainnya dengan jumlah terbanyak, maka akan menjadi seorang pemenang. Lomba ini akan melatih daya fokus serta konsentrasi para pemainnya, lho. Jadi, tak boleh sampai Anda lewatkan, ya.

25. Memasukkan Benang ke Jarum

Lomba memasukkan benang ke jarum mungkin sudah tak terdengar asing lagi. Sebab, perlombaan ini selalu hadir saat menyambut HUT kemerdekaan Indonesia.

Peralatan yang mesti disediakan pun mudah ditemukan, cukup sediakan benang dan jarum saja. Selanjutnya, peserta harus memasukkan benang ke lubang jarum yang kecil dengan waktu terbatas.

Perlombaan ini akan cukup menegangkan karena terdapat batasan waktu saat sedang memainkannya. Peserta yang mampu memasukkan benang ke jarum tercepat sebelum waktu habis, maka bisa meraih gelar juara.

26. Lomba Makan Bakso

Ternyata bukan cuma kerupuk saja yang bisa dijadikan perlombaan, tetapi Anda dapat menggunakan bakso yang sama-sama digantung seperti halnya kerupuk. Aturannya pun sama dengan lomba makan kerupuk, yaitu peserta yang berhasil menghabiskan bakso paling cepat, maka dia pemenangnya.

Tentunya, perlombaan ini akan semakin menarik dengan menambahkan saus maupun kecap pada bakso tersebut. Goyang-goyangkan gantungannya supaya lebih menantang dan meriah.

Itulah beberapa ide lomba 17 Agustus yang bisa Anda pilih untuk perlombaan antar RT/RW, antar kelas di sekolah serta antar karyawan di kantor. Setelah membaca deretan ide perlombaannya, apakah Anda sudah menemukan ide yang cocok untuk perlombaan HUT RI nanti?

---

BFI Finance adalah perusahaan pembiayaan yang menerima pengajuan pembiayaan dengan jaminan BPKB Motor, Mobil, dan Sertifikat Rumah. Ajukan pembiayaan Anda dan nikmati berbagai keuntungan seperti pencairan hingga 80% dari nilai kendaraan, suku bunga yang kompetitif, dan tenor yang panjang. #SelaluAdaJalan bersama BFI Finance.

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Informasi Umum