Bisnis

18 Usaha Kerajinan Tangan Rumahan dan Tips Membuatnya

Admin BFI
15 July 2024
76
18 Usaha Kerajinan Tangan Rumahan dan Tips Membuatnya

Usaha kerajinan tangan menjadi salah satu ide bisnis yang bisa Anda lakukan, terutama jika memiliki jiwa kreativitas tinggi. Dapat dibilang, beberapa jenis usaha ini tidak membutuhkan modal tinggi dan bisa Anda lakukan dari mana saja.

Jika Anda bingung produk apa yang ingin dipasarkan untuk memulai usaha kerajinan tangan, yuk langsung cek beberapa ide usahanya di bawah ini.

 

 

1. Mengapa Usaha Kerajinan Tangan?

Ada beberapa alasan kenapa usaha kerajinan tangan bisa menjadi salah satu bisnis menjanjikan, yaitu:

1.1 Pembuatan Produk yang Bervariasi

Anda bisa membuat berbagai macam produk kerajinan tangan yang bervariasi, mulai dari aksesoris lucu, rajutan, desain grafis dan masih banyak lagi. Dengan produk yang lebih bervariasi, maka pelanggan pun tak akan mudah jenuh dan senantiasa tertarik untuk terus berbelanja di tempat Anda.

1.2 Kebutuhan Produk Ramah Lingkungan

Seringkali masyarakat membutuhkan produk ramah lingkungan untuk menjaga lingkungan sekitar tetap asri. Ada beberapa produk kerajinan tangan yang berasal dari bahan-bahan ramah lingkungan. Bahkan, Anda dapat menggunakan barang-barang bekas, lalu diolah kembali untuk dijadikan sebagai produk yang berguna dan memiliki nilai tinggi.

 

Baca Juga: 20+ Cara Menjalankan Gaya Hidup Ramah Lingkungan dan Manfaatnya

 

1.3 Bahan-bahan Mudah Diperoleh

Alasan lain kenapa usaha kerajinan tangan cukup menjanjikan karena bahan-bahan dasarnya mudah diperoleh. Adapun bahan-bahan tersebut adalah seperti kain perca, benang rajut, plastik bekas, dan lain-lain. Anda dapat membelinya melalui toko-toko di sekitar tempat tinggi maupun online shop. Tentunya, harga setiap bahan cenderung murah meriah, lho.

1.4 Peluang Terus Berinovasi dan Berkembang

Memulai usaha kerajinan tangan akan membuat Anda memiliki peluang untuk terus berinovasi serta berkembang. Alhasil, produk yang Anda hasilkan akan disukai banyak konsumen karena keberagamannya yang menarik perhatian. Contohnya, saat ini sudah banyak tas, karpet, dan sandal yang terbuat dari kemasan plastik bekas yang masih layak pakai.

1.5 Membangun Koneksi

Alasan lain usaha ini menjanjikan adalah bisa membangun koneksi dengan bisnis lainnya. Produk kerajinan tangan seringkali menjadi souvenir di acara pernikahan, kantor, maupun acara lainnya. Anda dapat bekerjasama dengan para vendor, perusahaan swasta maupun negeri dan lainnya.

Dengan begitu, bisnis kerajinan tangan Anda akan terus berkembang dan dikenal oleh banyak orang. Bahkan, bisa berpeluang mendapatkan pelanggan baru.

Menarik sekali, ‘kan?

2. Ide Usaha Kerajinan Tangan Rumahan yang Dapat Dicoba

Nah, bagi Anda yang sedang mencari ide usaha kerajinan tangan rumahan yang menjanjikan, maka bisa coba beberapa ide berikut ini.

1.1 Bingkisan Parcel

Saat ini, bingkisan parcel menjadi ide usaha kerajinan tangan rumahan yang cukup populer. Terutama di hari-hari spesial, seperti wisuda sekolah, pernikahan, hari besar, ulang tahun, momen kelahiran, menjenguk orang sakit dan lainnya.

Biasanya, bingkisan parcel dibuat dengan makanan ringan, buah-buahan maupun uang. Anda dapat menata dan mengemasnya dengan rapi agar indah dilihat.

Pembuatan parcel ini bisa disesuaikan dengan ciri khas atau keunikan masing-masing. Dapat juga menyediakan jasa custom sesuai pilihan pelanggan.

1.2 Produk Rajut

Produk rajut menjadi salah satu ide usaha kerajinan tangan rumahan yang bisa Anda lakukan dengan modal terjangkau. Cukup sediakan benang dan jarum khusus merajut saja. Namun, Anda harus memiliki kesabaran serta ketelatenan yang tinggi karena prosesnya bisa dibilang lama dan rumit.

Meski begitu, produk rajut yang akan Anda hasilkan cukup bervariasi, seperti selimut, topi rajut, hiasan dinding rajut, sweater, tas dan masih banyak lagi. Anda juga dapat menawarkan custom model untuk setiap produk rajutan tersebut. Tentunya, semakin rumit model yang mesti Anda buat, maka harganya pun akan semakin tinggi.

1.3 Aksesoris

Usaha kerajinan tangan berupa aksesoris, seperti gelang, cincin dan kalung bisa mulai Anda coba. Soalnya, aksesoris cukup banyak digemari, terutama jika modelnya terlihat unik dan kreatif.

Anda dapat membuat aksesori sesuai ciri khas masing-masing. Tawarkan jasa custom desain agar para konsumen bisa memilih desain sesuai keinginan mereka.

Untuk bahan-bahan pembuatan aksesoris bisa dari manik-manik, tali yang dikepang dan masih banyak lagi. Pastikan untuk memperhatikan kemasan yang Anda pakai supaya menjadi nilai tambah dari produk maupun merk buatan Anda tersebut.

1.4 Lukisan

Jika memiliki kemampuan membuat lukisan yang indah, Anda dapat menjadikannya sebagai peluang bisnis kerajinan tangan. Meskipun target pasar lukisan tak sebanyak bisnis lain, tetapi harga untuk setiap lukisan orisinal cukup tinggi.

Biasanya, konsumen yang tertarik dengan lukisan akan membeli dan memajangnya di rumah, perkantoran maupun restoran. Selain itu, lukisan juga dapat menjadi ide untuk hadiah orang terdekat.

Seperti ide kerajinan tangan lainnya, Anda dapat membuka jasa custom untuk setiap lukisan yang akan dibuat. Tujuannya untuk memperluas target pasar dan membuat Anda mendapatkan penghasilan lebih tinggi.

 

Baca Juga: Usaha Mebel; Tips Memulai dan Estimasi Modalnya, Lengkap!

 

1.5 Lilin Aromaterapi

Ide usaha kerajinan tangan berikutnya adalah lilin aromaterapi yang mampu mengharumkan ruangan dan memberikan efek relaksasi. Selain digunakan untuk pribadi, lilin aromaterapi dapat Anda jadikan ide bingkisan souvenir pernikahan maupun hampers untuk momen spesial.

Bahan-bahan untuk membuat lilin aromaterapi terdiri dari palm wax, soy wax dan beeswax. Gabungkan semua bahan dengan komponen pengaruh atau aroma yang bisa Anda sesuaian dengan tema aromanya, seperti manis, segar, maupun menenangkan.

1.6 Vas Bunga

Daya kreativitas sangat dibutuhkan saat Anda ingin membuat vas bunga yang cantik dan menarik untuk ide usaha kerajinan tangan. Anda dapat menawarkan vas bunga dengan berbagai ukuran dan hiasan yang terbuat dari bahan dasar tanah liat maupun barang bekas.

Vas bunga dapat digunakan untuk menanam bunga maupun tanam hias lainnya. Selain itu, bisa pula Anda manfaatkan sebagai hiasan dekorasi rumah yang menarik.

1.7 Kain Flanel

Kerajinan tangan yang terbuat dari bahan kain flanel cukup mudah dibuat, termasuk oleh para pemula. Selain itu, bahan kain flanel cukup mudah didapat di pasaran dengan harga murah meriah.

Beberapa ide kerajinan tangan dari kain flanel, seperti gantungan kunci lucu, boneka berbagai karakter, tempat pensil, tas unik, dompet, dan masih banyak lagi. Biar tampilannya makin keren, Anda dapat menambahkan variasi lain pada kerajinannya, seperti adanya manik-manik, kancing, dan lainnya.

1.8 Daur Ulang Kayu

Memanfaatkan limbah kayu untuk membuat kerajinan tangan yang estetik bisa juga Anda coba. Tentunya, kerajinan dari daur ulang kayu memiliki tempat tersendiri di hati konsumen karena tampilannya yang terlihat classy, unik, dan mewah.

Adapun limbah kayu yang cocok untuk membuat kerajinan tangan, yaitu kayu jati, mahoni, pinus hingga akasia. Sementara untuk kerajinan tangan yang bisa Anda buat, meliputi kalender, tatakan gelas, alat makan, lampu hias, hiasan dinding kamar, serta vas bunga.

Setiap produk memiliki harga berbeda tergantung kerumitan proses pembuatannya masing-masing.

1.9 Scrapbook

Kerajinan tangan scrapbook kini sedang banyak diminati, terutama oleh kalangan muda. Untuk membuat scrapbook membutuhkan daya imajinasi serta kreatif tinggi supaya mampu menghasilkan karya yang menarik perhatian.

Sebelum mulai menjual scrapbook milik sendiri, Anda dapat berlatih terlebih dahulu melalui berbagai media, salah satunya video YouTube.

1.10 Custom Case HP

Usaha kerajinan tangan unik dan kreatif yang memiliki peluang menjanjikan lainnya adalah custom case HP. Ide bisnis ini tidak membutuhkan modal besar dan bisa menjadi usaha dengan target pasar tinggi.

Anda dapat membuat berbagai macam custom case untuk berbagai jenis merk dan tipe smartphone. Pastikan menggunakan bahan-bahan berkualitas supaya case HP tersebut dapat bertahan lama alias awet digunakan.

1.11 Tas Handmade

Tas handmade bisa dibuat dari berbagai macam bahan, seperti benang rajut, kemasan plastik daur ulang, anyaman kulit maupun rotan dan masih banyak lagi. Anda dapat mengkreasikan sesuai ciri khas keunikan masing-masing untuk menciptakan tas handmade menarik dan bernilai tinggi.

1.12 Kemasan Daur Ulang

Tahukah Anda bahwa kemasan bekas bungkus Rinso, So Klin, bungkus kopi, permen maupun makanan ringan dapat dijadikan sebagai kerajinan tangan bernilai tinggi, lho.

Beberapa kerajinan dari kemasan daur ulang, seperti tas dan tikar dari bungkus kopi, tempat sampah, tempat pensil, tempat tisu, dompet koin dan kreasi lainnya sesuai inovasi masing-masing.

Tentunya, proses pembuatan kerajinan tangan dari kemasan daur ulang ini cukup mudah digunakan. Bahkan, bahan-bahannya pun mudah didapatkan dan bisa Anda jual dengan harga menarik.

1.13 Sabun Organic

Selain membuat lilin aromaterapi, Anda juga dapat membuat sabun organic dengan bentuk yang dikreasikan seunik mungkin sesuai warna maupun aromanya. Tawarkan berbagai bentuk sabun organic yang memiliki warna serta aroma berbeda agar minat konsumen untuk membeli semakin besar.

Namun, sebelum menjual sabun organic ke pasaran, pastikan Anda sudah benar-benar membuat produk yang baik melalui berbagai macam eksperimen. Cobalah untuk meminta penilaian jujur kepada keluarga maupun teman terlebih dahulu, ya.

1.14 Tanaman Kering

Tahukah Anda bahwa tanaman kering bisa menjadi ide usaha kerajinan tangan kreatif yang menjanjikan. Banyak orang yang menyukai tanaman kering untuk kebutuhan journaling, terutama oleh para generasi Z.

Tumbuhan yang cocok untuk dijadikan herbarium kering, yaitu mawar, lavender, bunga matahari, aster, tulip hingga maple.

Biasanya, kerajinan ini digunakan untuk dekorasi kartu ucapan, mahkota unik, pembatas buku dan masih banyak lagi.

1.15 Tulisan Typography

Bagi Anda yang memiliki kemampuan menulis indah dan keren, Anda dapat menjadikannya sebagai ide kerajinan tangan tulisan typography. Tulisan-tulisan cantik seperti ini seringkali dibutuhkan untuk tulisan dalam kartu ucapan, logo bisnis dan lainnya.

Setiap tulisan memiliki harga berbeda tergantung kerumitan masing-masing. Anda dapat menentukannya sendiri atau sesuai dengan persetujuan klien, ya.

1.16 Bunga dari Plastik atau Kertas

Ide kerajinan tangan untuk usaha berikutnya adalah bunga dari plastik atau kertas. Anda dapat membuat berbagai macam model bunga cantik dengan warna beragam. Biasanya, bunga dari plastik maupun kertas ini cocok untuk hiasan dekorasi rumah maupun dekorasi pesta.

1.17 Kaktus Mini

Kaktus mini bisa juga menjadi ide kerajinan tangan untuk kebutuhan souvenir pernikahan, acara kantor dan acara besar lainnya. Tenang saja, tanaman berduri ini tidak memiliki perawatan khusus, sehingga tak akan merepotkan tamu undangan yang menerimanya.

Selain itu, kaktus mini cocok sebagai penambah dekorasi rumah agar terlihat segar dan asri. Anda dapat menjual kaktus mini berbagai bentuk dengan harga berbeda-beda.

1.18 Keramik Custom

Apabila fokus usaha kerajinan tangan untuk event-event besar, seperti pernikahan, acara kantor maupun acara resmi lainnya, maka keramik custom bisa menjadi ide yang bisa Anda pertimbangkan.

Beberapa produk keramik custom yang dapat Anda buat, seperti asbak, vas bunga, cangkir, mangkuk dan lainnya. Tambahkan desain unik sesuai kebutuhan pelanggan agar semakin menarik perhatian.

Usaha kerajinan tangan

Image Source: Freepik

3. Tips Memulai Usaha Kerajinan Tangan

Setelah mengetahui ide usaha kerajinan tangan yang bisa Anda pilih, selanjutnya ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis tersebut, yaitu:

3.1 Sesuaikan dengan Keahlian dan Minat Anda

Ada banyak jenis kerajinan tangan yang bisa Anda coba. Namun, untuk membangun usaha ini, pastikan Anda sesuaikan dengan keahlian serta minat masing-masing. Misalnya, membuat custom case HP, kerajinan tangan dari bahan rajut, bingkisan parcel, lilin aromaterapi dan masih banyak lagi.

Dengan menyesuaikan jenis kerajinan tangan sesuai minat dan keahlian, Anda dapat mempelajarinya dengan mudah. Bahkan, bisa membuat produk berkualitas dengan sentuhan pribadi yang menarik dan sesuai dengan keinginan konsumen.

3.2 Tentukan Target Pasar

Setiap kerajinan tangan memiliki target pasarnya masing-masing, sehingga sebelum mulai memasarkannya, Anda harus menentukan target pasar terlebih dahulu. Dengan mengenal target pasar, maka Anda dapat menentukan kualitas standar untuk diterapkan pada produk serta harga yang sesuai nantinya.

3.3 Hitung Biaya dan Buat Rencana Keuangan

Menghitung berapa biaya pengeluaran dan pemasukan penting untuk perkembangan bisnis Anda. Selain itu, buat rencana keuangan supaya Anda tidak mengalami kerugian maupun pengeluaran tidak terduga. Rencana keuangan juga berguna untuk bahan evaluasi agar pengeluaran bisnis lebih efisien.

3.4 Terus Berinovasi Produk Sesuai Tren

Dalam bisnis, akan selalu ada kompetitor yang menjalankan usaha dengan produk sama. Supaya Anda bisa bersaing dengan para kompetitor, pastikan untuk terus berinovasi sesuai tren dan buat produk yang memiliki ciri khas berbeda dengan produk lain.

3.5 Optimalkan Strategi Pemasaran

Optimalkan strategi pemasaran untuk mempertemukan produk yang Anda jual dengan calon konsumen. Tentukan teknik pemasaran yang cocok dengan produk kerajinan tangan, misalnya, membuat iklan menarik di media sosial yang mampu menjangkau target pasar dengan tepat.

3.6 Bangun Jaringan dan Komunitas

Tips memulai usaha kerajinan tangan selanjutnya adalah membangun jaringan dan komunitas supaya produk yang Anda buat semakin terkenal luas. Oleh karena itu, kesempatan produk dikenal oleh banyak orang pun bisa tercapai secara cepat.

3.7 Ikuti Workshop dan Pelatihan

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus aktif mengikuti workshop terkait kerajinan tangan dan berbagai macam pelatihan sesuai. Dengan mengikuti workshop dan pelatihan, maka Anda bisa meningkatkan keahlian sekaligus menawarkan kerajinan tangan buatan sendiri.

3.8 Kolaborasi dengan Pengrajin Lain

Selain mengikuti workshop maupun pelatihan, Anda dapat mulai berkolaborasi dengan para pengrajin lain. Tujuannya supaya menciptakan produk yang unik dan lebih menarik serta mendapatkan target pasar tinggi.

Share keseruan kolaborasi ini di media sosial dan perkenalkan produk yang berhasil Anda dan pengrajin lain buat. Buat video dengan semenarik mungkin agar orang-orang yang melihat tertarik dan ingin memiliki produk kerajinan tangan yang Anda buat tersebut.

3.9 Dapatkan Sertifikasi untuk Tingkatkan Kredibilitas

Supaya bisnis kerajinan tangan Anda memiliki kepercayaan tinggi oleh masyarakat, Anda dapat mendaftarkan bisnis untuk mendapatkan sertifikasi. Melalui adanya sertifikasi, bisnis Anda akan terlihat lebih resmi dan diminati oleh banyak konsumen.

3.10 Gunakan Marketplace

Tips terakhir, pastikan menggunakan marketplace untuk pemasaran produk kerajinan tangan tersebut. Kini tersedia berbagai macam marketplace online yang cocok untuk menjual produk dengan target pasar luas, bahkan hingga ke luar negeri. Sehingga, Anda memiliki peluang besar untuk meraup untung serta memperkenalkan hasil karya yang Anda buat kepada banyak orang.

Demikian informasi seputar ide usaha kerajinan tangan rumahan dan tipsnya yang bisa Anda ketahui. Bagaimana, sudah memilih ide yang cocok dengan diri Anda? Yuk, jangan menunggu lama dan segera realisasikan agar bisa segera membangun bisnis kreatif yang menyenangkan!

---

BFI Finance adalah perusahaan pembiayaan yang melayani pembiayaan dengan jaminan kendaraan bermotor dan sertifikat rumah. Ajukan pembiayaan Anda untuk berbagai keperluan seperti untuk tambahan modal usaha, renovasi rumah, pendidikan, dan lain sebagainya. Nikmati beberapa keuntungan pembiayaan seperti  proses pengajuan cepat, pencairan dana tinggi, dan suku bunga yang kompetitif! #SelaluAdaJalan bersama BFI Finance!

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis