Gaya Hidup

16 Cara Melawan Rasa Malas dan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Admin BFI
2 August 2024
336
16 Cara Melawan Rasa Malas dan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Cara melawan rasa malas harus dimulai dari diri Anda sendiri. Kalau tetap membiarkan rasa malas menguasai diri Anda, maka hal itu akan menjadi sebuah kebiasaan. Bahkan, malas yang dipelihara terus menerus dapat mempengaruhi kesehatan mental, finansial hingga karir.

Sebab, rasa malas yang semakin besar membuat Anda memiliki kebiasaan menunda-nunda pekerjaan (proscrastination). Hal ini terjadi karena mulai kehilangan motivasi, tidak mood mengerjakan tugas atau pekerjaan, tak tahu harus mulai dari mana, burnout hingga depresi.

 

 

16 Cara Melawan Rasa Malas dan Menunda-nunda Pekerjaan

Nah, supaya Anda bisa melawan rasa malas dan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan, maka coba lakukan beberapa cara berikut.

1. The 5-minutes Rules

Cara melawan rasa malas pertama bisa Anda lakukan dengan melakukan teknik the 5-minutes rules. Teknik ini membuat Anda seakan bekerja hanya untuk 5 menit saja. Padahal, ketika sudah memulai, otak akan merasa lebih positif dan percaya diri. Kemudian, pekerjaan yang semula terasa sulit ternyata bisa diselesaikan dengan baik.

Untuk memulai teknik ini, Anda dapat menentukan dulu pekerjaan atau aktivitas apa yang ingin dilakukan. Kemudian, atur timer selama 5 menit di smartphone atau laptop.

Ketika timer mulai menghitung mundur, mulailah bekerja sefokus mungkin, hindari distraksi dan lawan perasaan malas yang sudah membandel. Ingat, Anda hanya perlu melakukan aktivitas atau pekerjaan hanya dalam 5 menit.

Jika timer sudah menyentuh angka 0, Anda bisa memilih apakah berhenti bekerja atau meneruskan pekerjaan tersebut. Kemungkinan besar, Anda akan memilih untuk meneruskan pekerjaan karena merasa tanggung.

Dengan begitu, hal yang selama ini Anda hindari ternyata tak begitu buruk, ‘kan? Teknik the 5-minutes rule akan membuat Anda yakin bisa menyelesaikannya. Tak terasa pekerjaan pun selesai dengan baik saat Anda terus mengerjakannya.

2. Lakukan Teknik Pomodoro

Selain melakukan the 5-minutes rule, Anda juga bisa mencoba teknik pomodoro untuk melawan rasa malas hingga menunda-nunda pekerjaan.

Teknik pomodoro sendiri merupakan metode manajemen waktu dimana Anda harus fokus semaksimal mungkin dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Selama jangka waktu bekerja atau belajar, Anda mesti fokus menyelesaikan pekerjaan atau tugas yang sudah direncanakan.

Jika sudah mencapai waktu tersebut, istirahat sejenak maksimal 5 menit, lalu kembali bekerja dengan waktu yang sudah ditentukan pula.

Teknik ini ditemukan oleh Francesco Cirillo pada tahun 80-an akhir. Nama tekniknya terinspirasi dari timer berbentuk tomat (bahasa Italia-nya tomat adalah “pomodoro”) yang Cirillo gunakan saat mahasiswa.

Dengan menggunakan timer itu, Cirillo membagi tugas ke dalam interval kerja 25 menit dan istirahat 5 menit.

Adapun cara melawan rasa malas menggunakan teknik pomodoro, yaitu:

  • Pertama, pilih pekerjaan atau tugas yang ingin Anda selesaikan.
  • Mulai atur timer ke dalam waktu 25 menit dan fokus mengerjakan tugas semaksimal mungkin sampai terdengar suara deringan dari timer.
  • Istirahat selama 5 menit agar lebih rileks, Anda dapat melakukan aktivitas sederhana, seperti membuat teh atau kopi, berjalan keliling ruangan atau melakukan peregangan tubuh.
  • Setelah beristirahat 5 menit, mulai kembali mengerjakan tugas atau pekerjaan selama 25 menit lagi.
  • Ulangi proses ini selama 4 kali, jika selama 4 kali dalam waktu 25 menit tugas Anda belum selesai, maka berikan jeda istirahat lebih lama sekitar 15-30 menit, lalu kembali kerjakan tugas atau pekerjaan dengan mengulangi proses seperti di atas.

3. Buat To-Do-List

Membuat to-do-list atau daftar kegiatan yang akan Anda kerjakan secara harian bisa menjadi cara efektif untuk melawan rasa malas sekaligus melawan rasa ingin menunda pekerjaan.

Dengan menyusun to-do-list, Anda bisa mengetahui apa saja pekerjaan atau aktivitas yang mesti dikerjakan hari ini. Setelah mengetahui apa yang akan Anda kerjakan, buat timeline dan rincian aktivitas sesuai dengan kemampuan diri sendiri. Catatan to-do-list ini bisa Anda buat di buku catatan atau note yang tersedia di smartphone.

Sebagai contoh, Anda membuat to-do-list hari ini, seperti membersihkan kamar pagi, lanjut mencuci baju, mandi, pergi belanja sore hari serta mengerjakan tugas di malam hari.

4. Hindari Multitasking

Cara melawan rasa malas selanjutnya adalah menghindari multitasking. Sebab, otak lebih efisien dan mudah fokus pada satu tugas saja. Jika belum terbiasa melakukan multitasking, Anda akan menjadi mudah lelah berujung kurang produktif. Kalau hal ini sampai terjadi, rasa malas akan mulai menghampiri hingga membuat Anda lebih senang menunda pekerjaan yang ada.

Jadi, jika ingin menghilangkan rasa malas dan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan, cobalah untuk menghindari multitasking tersebut. Selesaikan tugas satu per satu dengan mengerjakan tugas atau pekerjaan termudah terlebih dahulu. Kalau sudah beres, Anda bisa lanjut mengerjakan tugas berikutnya sampai tugas terakhir di hari itu.

5. Kerjakan Bagian yang Termudah

Jika sudah membuat to-do-list, Anda dapat mengerjakan pekerjaan dari bagian yang termudah dulu. Kalau langsung mengerjakan pekerjaan yang sulit, bukan semangat yang Anda dapatkan, melainkan termakan kembali oleh rasa malas. Sebab, pekerjaan yang terasa sulit akan menghabiskan banyak waktu serta pikiran lebih lama. Hal ini akan memuat Anda cepat bosan dan burnout nantinya.

Berbeda dengan saat mengerjakan tugas mudah lebih dulu, mood bisa lebih terkontrol, sehingga bekerja pun tetap konsisten. Dengan begitu, motivasi untuk menyelesaikan semua tugas yang sudah ada dalam to-do-list harian bisa meningkat. Jadi, rasa malas dapat teratasi dan membuat Anda menyelesaikan tugas atau pekerjaan dengan baik.

6. Tetapkan Target yang Realistis

Biasanya, rasa malas muncul karena kurangnya motivasi saat akan mengerjakan sesuatu. Jika seperti itu, perasaan malas sebenarnya bisa Anda atasi dengan menetapkan target atau tujuan realistis.

Sebab, kalau target yang Anda buat tidak realistis, akibatnya akan menghilangkan semangat, membuat kewalahan dan tak ingin menyelesaikan pekerjaan atau tugas tersebut.

Jadi, pastikan untuk selalu menetapkan target saat akan memulai aktivitas atau pekerjaan. Mulailah dengan target kecil sesuai dengan kapasitas kemampuan Anda. Dengan kebiasaan tersebut, rasa malas bisa menghilang sedikit demi sedikit dan menumbuhkan kembali motivasi dalam diri Anda.

7. Batasi Penggunaan Media Sosial

Distraksi dari media sosial menjadi musuh utama yang seringkali menyebabkan malas dan rasa ingin menunda pekerjaan. Notifikasi serta konten menarik dari media sosial mampu mengalihkan fokus yang sudah Anda ciptakan untuk bekerja atau belajar.

Oleh karena itu, pastikan untuk bisa membatasi penggunaan media sosial. Anda dapat menentukan waktu khusus untuk bermain media sosial dan pastikan untuk mematuhi batasan yang sudah dibuat tersebut.

Misalnya, membuka medsos hanya sekitar 1 jam saja pada siang hari atau malam hari.

Kalau masih tergoda untuk melihat smartphone, pastikan untuk menjauhkan HP dari jangkauan Anda. Sebisa mungkin Anda harus menahan diri dari sosial media agar bisa tetap fokus dan konsentrasi menyelesaikan pekerjaan atau tugas.

8. Beri Reward untuk Diri Sendiri

Ketika Anda berhasil mencapai target sesuai rencana yang telah dibuat, berikan reward untuk diri sendiri atas pencapaian tersebut. Cara ini mampu meningkatkan motivasi serta melawan rasa malas. Niscaya, Anda akan mendapatkan kesuksesan untuk jangka panjang nantinya.

Misalnya, jika berhasil mengerjakan pekerjaan yang selama ini terasa sulit bagi Anda dengan hasil memuaskan, maka bahagiakan diri sendiri dengan hal-hal positif, seperti makan makanan enak yang ingin Anda coba.

Diri sendiri yang telah berjuang pun harus diberikan reward supaya tetap semangat dan termotivasi untuk terus maju mencapai tujuan lebih besar. Dengan begitu, tak ada lagi kata malas atau menunda pekerjaan dalam kamus Anda.

Cara melawan rasa malas dan menunda pekerjaan

Image Source: Freepik

9. Lakukan Olahraga Favorit

Tak banyak yang menyadari bahwa berolahraga rutin bisa menghindarkan seseorang dari rasa malas. Olahraga menjadi kunci efektif supaya Anda bisa selalu bersemangat menjalani aktivitas atau pekerjaan harian.

Selain meningkatkan energi semangat, olahraga juga dapat memperbaiki suasana hati, mengurangi stres, depresi, hingga kecemasan berlebihan atau anxiety.

Dalam sehari, Anda dapat menyempatkan untuk berolahraga secara rutin. Lakukan olahraga favorit selama beberapa menit, seperti berjalan kaki alias jogging, bersepeda, senam santai dan lainnya.

Setelah berolahraga, tubuh akan terasa lebih fresh dan siap menjalani aktivitas atau pekerjaan yang Anda buat dalam to-do-list. So, jika ingin melawan rasa malas, pastikan tidak melupakan olahraga secara rutin, ya.

 

Baca Juga: Ini 5 Olahrga Efektif Untuk Pangkas Berat Badan Berlebih

 

10. Istirahat yang Cukup

Supaya bisa melawan rasa malas, Anda harus bisa beristirahat secukupnya. Hindari terlalu berlebihan bekerja atau terlalu santai saat memiliki pekerjaan banyak. Istirahat dan aktivitas yang Anda lakukan harus seimbang, supaya tubuh dan pikiran dapat bekerja dengan baik setiap hari.

Lakukan istirahat yang cukup setiap kali selesai mengerjakan satu tugas atau pekerjaan. Selain itu, sebaiknya tidur sebanyak 7-9 jam per hari agar ketika bangun di pagi hari, tubuh terasa segar dan semangat menjalani aktivitas selanjutnya.

Walaupun terasa sepele, beristirahat yang cukup nyatanya dapat mengembalikan semangat serta motivasi juga, lho. Bahkan, istirahat yang baik akan membantu tubuh selalu dalam keadaan sehat, terhindar dari stres, depresi maupun hal lainnya.

 

Baca Juga: Manajemen Stres dan 6 Cara Melakukannya

 

11. Lakukan Hobi dan Aktivitas yang Anda Sukai

Kegiatan yang menyenangkan dapat mengembalikan semangat serta energi yang telah hilang. Anda bisa melakukan hobi maupun aktivitas yang disukai setelah berhasil mengerjakan tugas atau pekerjaan.

Misalnya, meluangkan waktu satu jam untuk membaca buku, menonton film, berolahraga atau berkumpul bersama teman maupun keluarga.

Dengan melakukan hobi maupun aktivitas seru, perasaan bosan dan burnout saat mengerjakan tugas atau pekerjaan pun bisa berkurang. Semangat serta energi yang Anda dapatkan dari hal ini dapat berguna untuk mengerjakan pekerjaan kembali.

Setelahnya, tak ada rasa malas atau menunda-nunda pekerjaan lagi. Bahkan, suasana hati akan tetap happy tanpa merasa jenuh sama sekali.

12. Miliki Seseorang yang Dapat Dijadikan Contoh atau Inspirasi

Memiliki role model atau seseorang yang bisa dijadikan contoh maupun inspirasi dapat menjadi suatu cara melawan rasa malas. Bahkan, cara ini sudah direkomendasikan oleh para ahli, lho.

Adanya sosok yang menginspirasi atau role model ini membuat Anda terus termotivasi untuk maju. Tentunya, sosok yang setiap orang kagumi atau menjadi inspirasi berbeda-beda. Bisa dari seorang selebriti, artis K-pop, kartun atau anime, pengusaha sukses, maupun teman terdekat.

Anda dapat mempelajari apa yang membuat mereka bisa sukses, lalu terapkan dalam hidup Anda. Dengan begitu, setiap kali merasa malas atau burnout, Anda bisa mengingat mereka yang menjadi panutan agar bisa kembali semangat untuk maju.

13. Jangan Ragu untuk Meminta Bantuan dari orang Lain

Cara melawan rasa malas berikutnya adalah jangan ragu untuk meminta bantuan dari orang lain. Tentunya, meminta bantuan orang lain akan membantu Anda saat sedang mengalami hambatan.

Meminta bantuan juga bukan berarti Anda lemah dan tak bisa memutuskan sesuatu sendiri. Namun, menjadi upaya untuk mencapai keberhasilan dengan menerima masukan dari orang terdekat.

Misalnya, Anda dapat meminta saran rekan kerja saat menghadapi suatu masalah dalam pekerjaan. Melalui bantuan ini, Anda bisa membangun hubungan sekaligus meningkatkan motivasi yang tertanam dalam diri sendiri.

Selain itu, kalau melihat sudut pandang dari orang lain biasanya akan membuat kinerja pekerjaan menjadi lebih baik.

14. Memiliki Mindset Positif

Cara melawan rasa malas lainnya adalah selalu memiliki mindset positif. Tanamkan dalam pikiran bahwa Anda yakin bisa mengerjakan tugas atau pekerjaan tersebut. Jangan takut gagal atau salah karena kedua hal itu merupakan bagian dari proses yang pasti Anda lalui.

Buang jauh-jauh pikiran negatif yang masih ada dalam pikiran Anda. Sebab, mindset negatif hanya akan membuat Anda semakin tenggelam dalam rasa malas serta menunda-nunda pekerjaan. Karenanya, pastikan Anda dapat membasminya dan fokuskan diri Anda untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan hingga selesai saja.

Untuk bisa memiliki mindset positif, Anda harus memberikan motivasi kepada diri sendiri bahwa semua tugas yang dimiliki dapat selesai hari ini juga.

15. Nikmati Setiap Proses

Saat mengerjakan sesuatu, Anda tak hanya fokus pada hasil akhir saja. Melainkan harus menikmati juga setiap proses yang Anda lewati tersebut.

Memang, proses yang Anda lewati tak akan memberikan kebahagiaan saja. Tetapi, ada pengorbanan yang mesti Anda lakukan supaya bisa mencapai tujuan yang Anda inginkan.

Ingat, jangan menyerah, terus berusaha dan bekerja keraslah semaksimal mungkin. Nikmati setiap proses itu dan tetap berjalan mencapai cita-cita yang sudah Anda tetapkan.

Rayakan setiap pencapaian yang berhasil Anda raih, walaupun hanya pencapaian-pencapaian kecil. Jadi, Anda tak akan mudah menyerah atau malas untuk kembali berusaha. Hargai proses dan diri Anda yang selalu berjuang tak kenal lelah setiap hari. Dengan begitu, motivasi untuk terus maju akan terus mengalir tanpa ada yang menghalangi.

16. Selalu Evaluasi Diri

Terakhir, Anda dapat melawan rasa malas dengan cara mengevaluasi diri sendiri secara rutin. Melalui evaluasi diri, Anda bisa mengetahui apa yang sudah berjalan baik serta apa yang mesti diperbaiki.

Evaluasi diri dapat Anda lakukan setiap hari setelah semua tugas atau pekerjaan berhasil dirampungkan. Selain itu, evaluasi diri ini juga bisa Anda lakukan seminggu sekali secara rutin.

Tulis jurnal atau refleksi secara rutin untuk melihat perkembangan yang ada dalam diri Anda. Perbaiki hal-hal yang masih kurang hari ini di hari selanjutnya. Tak apa jika perkembangan diri yang Anda miliki berjalan secara perlahan. Yang penting ada perubahan positif yang terjadi dalam diri sendiri, ya.

Demikian informasi seputar cara melawan rasa malas dan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Jika tak memaksakan diri untuk melawan perasaan malas, maka sampai kapanpun pekerjaan atau tugas yang Anda miliki tidak akan selesai. Jadi, kuatkan tekad dan mantapkan dalam hati dengan melakukan cara-cara di atas supaya bisa menang perasaan malas hingga tak sering menunda pekerjaan lagi.

---

BFI Finance adalah perusahaan pembiayaan yang menerima pengajuan pembiayaan dengan jaminan BPKB Motor, Mobil, dan Sertifikat Rumah. Ajukan pembiayaan Anda dan nikmati berbagai keuntungan seperti pencairan hingga 80% dari nilai kendaraan, suku bunga yang kompetitif, dan tenor yang panjang. #SelaluAdaJalan bersama BFI Finance.

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Gaya Hidup