Pedoman Prinsip-Prinsip Berusaha

Pendahuluan

Pedoman Prinsip-Prinsip Berusaha berlaku bagi seluruh kegiatan BFI, baik di kantor pusat maupun kantor cabang, serta bagi setiap karyawannya. Semua pihak yang berwenang di dalam BFI mempunyai kewajiban untuk memastikan bahwa Prinsip-Prinsip ini dikomunikasikan secara lengkap kepada karyawannya untuk ditaati dengan sungguh-sungguh.

BFI melaksanakan kegiatan usahanya dengan kejujuran, integritas, dan keterbukaan, serta menghormati kepentingan pemegang saham, karyawan dan para pemangku kepentingan lainnya.

Tanggung Jawab Korporasi

BFI mengakui adanya 5 (lima) bidang tanggung jawab korporasi:

Kepada Pemegang Saham

Kami akan menjalankan usaha Perusahaan untuk meningkatkan nilai pemegang saham berdasarkan prinsip-prinsip Tata Kelola Korporasi yang Baik. BFI bermaksud untuk memberikan hasil usaha yang optimal dengan senantiasa memelihara pembayaran dividen kepada para pemegang saham, sementara itu juga mempertahankan kecukupan dana untuk menggerakkan pertumbuhan Perusahaan. BFI sangat menghargai hubungan dengan para pemegang saham dan akan memberikan informasi tepat waktu, teratur dan dapat dipercaya mengenai kegiatan, kondisi keuangan dan hasil usaha Perusahaan.

Kepada Pelanggan 

Kami memiliki komitmen untuk meraih dan mempertahankan para pelanggan dengan menyediakan produk jasa pembiayaan yang memberikan nilai tambah bagi para pelanggan dari segi manfaat dan biayanya.

Kepada Karyawan

Kami menghargai para karyawan sebagai sumber daya yang sangat penting dan akan merekrut, mempekerjakan, memberikan pelatihan dan mempromosikan karyawan berdasarkan kualifikasi dan kemampuan yang dimiliki. Selanjutnya, kami bertanggung jawab untuk menciptakan kondisi kerja yang sehat dan menjamin keselamatan para karyawan.

Kepada Dengan Pihak Siapa Berbisnis

Kami senantiasa memelihara hubungan yang saling menguntungkan dengan para kreditur, mitra usaha dan pihak lainnya dengan siapa Perusahaan melakukan bisnis, serta mendorong penerapan prinsip-prinsip ini dalam pelaksanaannya.

Kepada Masyarakat

Sebagai anggota masyarakat, kami akan senantiasa menjalankan bisnis Perusahaan yang bertanggung jawab dengan menghormati undang-undang dan peraturan yang berlaku di tempat Perusahaan melakukan usaha dan berupaya untuk memastikan bahwa kegiatan-kegiatan Perusahaan tidak melanggar hak-hak asasi manusia.

Sumbangan dari Perusahaan dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas hidup  bagi lingkungan  sekitarnya dan memberikan manfaat langsung bagi seluruh penerimanya.

Integrasi Bisnis

BFI beserta seluruh kantor cabangnya dituntut untuk mengutamakan kejujuran, integritas dan kewajaran di semua aspek usaha Perusahaan dan mengharapkan hal yang sama dalam hubungan dengan semua pihak dengan siapa BFI berbisnis. Seluruh transaksi bisnis atas nama Perusahaan harus dicatat secara akurat sesuai dengan prosedur operasional standar dan tunduk pada audit. Para karyawan harus mengesampingkan kepentingan pribadi mereka ketika menjalankan bisnis Perusahaan.

Komitmen Kegiatan Operasional

Pemakaian dan Perlindungan Aset Perusahaan

BFI akan memastikan bahwa setiap karyawan bertanggung jawab atas pemakaian yang wajar, perlindungan dan pelestarian aset dan sumber daya Perusahaan. Aset dan sumber daya Perusahaan, maupun kesempatan-kesempatan apapun yang timbul berdasarkan kedudukan seseorang, harus digunakan semata-mata untuk kepentingan pencapaian tujuan korporasi dan bukan untuk kepentingan pribadi.

Karyawan BFI dilarang mencari keuntungan untuk diri mereka sendiri atau orang lain melalui penyalahgunaan jabatan.

Pengungkapan Informasi

BFI menganggap informasi di bidang strategi bisnis merupakan aset Perusahaan yang harus dilindungi terhadap kehilangan, pelanggaran serta pemakaian dan pengungkapan yang tidak selayaknya.

Perdagangan Orang Dalam (Insider Trading)

BFI akan senantiasa memastikan bahwa semua karyawan harus mentaati aturan-aturan perdagangan orang dalam. Ini berarti bahwa adanya informasi bukan untuk umum yang dapat mempengaruhi harga saham BFI harus dirahasiakan dengan baik sampai diumumkan oleh manajemen yang berwenang. Lebih lanjut, karyawan yang mempunyai informasi sensitif yang mungkin dapat mempengaruhi harga saham BFI dan hak-hak terkait, tidak boleh melakukan transaksi langsung maupun tidak langsung atas saham BFI dan hak-hak terkait tersebut.

Nilai-Nilai Dasar Perusahaan

Dalam pelaksanaannya, Perusahaan telah memberitahu Dewan Komisaris, Direksi dan seluruh karyawan, tanpa melihat posisinya, bahwa mereka harus mematuhi dengan martabat etika pada tingkat tertinggi yang ditanamkan dalam Nilai Dasar Perusahaan.  Manajemen dan karyawan Perusahaan dianjurkan untuk memahami dan mematuhi nilai-nilai dasar, yang sangat penting dalam menjaga pertumbuhan Perusahaan yang berkesinambungan. Nilai-nilai dasar Perusahaan yang disingkat menjadi GREAT, berarti, Giat Memperbaiki Diri Secara Berkesinambungan, Realisasikan Saling Menghormati dan Peduli, Ekstra Layanan kepada Pelanggan Internal dan Eksternal, Absolut dalam Integritas, dan Tim Kerja yang Solid dan Saling Percaya. Nilai-nilai dasar berikut ini menetapkan prinsip bisnis sebagai pedoman perilaku bagi para karyawan dalam ruang lingkup kerja mereka baik internal maupun eksternal.

Giat Memperbaiki Diri Secara Berkesinambungan

Nilai ini merupakan komitmen dari Perusahaan untuk selalu berkembang, baik dalam sisi kualitas maupun kuantitas, dalam hal perkembangan bisnis maupun kekuatan sumber daya manusia, dalam hal pemikiran maupun tindakan yang lebih efektif dan produktif, dalam hal proses maupun hasil kerja yang nyata di dalam mendukung pertumbuhan organisasi. Komitmen pengembangan ini juga diikuti dengan perbaikan secara konsisten dan terus-menerus dalam segala aspek, yaitu dalam pengembangan organisasi, bisnis, produk, proses kerja dan kualitas sumber daya manusia.

Realisasikan Saling Menghormati dan Peduli

BFI akan senantiasa memastikan bahwa semua karyawan harus mentaati aturan-aturan perdagangan orang dalam. Ini berarti bahwa adanya informasi bukan untuk umum yang dapat mempengaruhi harga saham BFI harus dirahasiakan dengan baik sampai diumumkan oleh manajemen yang berwenang. Lebih lanjut, karyawan yang mempunyai informasi sensitif yang mungkin dapat mempengaruhi harga saham BFI dan hak-hak terkait, tidak boleh melakukan transaksi langsung maupun tidak langsung atas saham BFI dan hak-hak terkait tersebut.

Ekstra Layanan kepada Pelanggan Internal dan Eksternal

Nilai ini diartikan sebagai tuntutan yang terus-menerus untuk menciptakan kepuasan dalam pelayanan pelanggan, baik pelanggan internal maupun eksternal. Pemikiran ini sangat penting sebagai pedoman Perusahaan dalam hal penyusunan prinsip kebijakan dan strategi, aktivitas bisnis, dan proses pengamjikan keputusan serta dalam pemberian layanan.

Absolut dalam Integritas

Integritas mencakup keutuhan dan keseimbangan antara pemikiran (perspektif), perkataan dan tindakan terhadap kondisi dan situasi yang ada, dan termasuk di dalamnya adalah kejujuran, ketulusan dan komitmen terhadap suatu keadaan. Integritas juga tercermin dalam kesesuaian dan konsistensi perkataan dan perilaku yang ditunjukkan oleh karyawan (walk the talk) dalam melakukan peraturan Perusahaan demi kemajuan organisasi. Integritas dapat terlihat dalam melakukan hal yang benar dan berani mengakui kesalahan demi terciptanya budaya yang transparan dan positif.

Tim Kerja yang Solid dan Saling Percaya

Kerja sama yang utuh dan optimal dapat diperoleh melalui kepercayaan yang dibangun melalui berbagai kondisi yang ada. Saling percaya merupakan modal utama organisasi untuk mengikat dan mempererat hubungan antara sesama karyawan, antara karyawan dan Perusahaan dan sebaliknya. Adanya saling percaya terhadap itikad dan semangat positif demi kemajuan organisasi adalah menjadi dasar terciptanya hubungan dan kerja sama untuk jangka waktu yang panjang.

Nilai-Nilai Dasar Perusahaan adalah dasar bagi seluruh anggota Dewan Komisaris, anggota Direksi dan karyawan untuk menjalankan bisnis sesuai dengan nilai-nilai dasar Perusahaan.